SEMARANG – Senat Akademik Universitas Diponegoro akan kembali menggelar Rapat Pleno pada Jumat (9/10). Terdapat dua agenda yaitu Rapat Pleno Dewan Profesor Senat Akademik (SA) yang akan digelar pada pukul 09:00 WIB, dan Rapat Pleno Senat Akademik pada pukul 13.00 WIB – selesai. Rapat pleno yang akan digelar secara daring tersebut dihadiri oleh Ketua Senat Akademik, Sekretaris Senat Akademik, dan Dewan Profesor.

Rapat pleno digelar dalam rangka presentasi hasil penelitian dari para calon guru besar Undip. Adapun dosen Undip yang akan memaparkan hasil penelitiannya berasal dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Calon guru besar yang berasal dari FISIP Undip yaitu Dr. Drs. Ngatno, M.M.. Beliau akan mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Esensi, Paradigma, dan Model Orientasi Pasar Responsif dan Proaktif UKM di Indonesia”. Wakil Dekan II FISIP Undip ini akan menjelaskan tentang pola perkembangan UKM yang sedang tumbuh di pasar Indonesia. Presentasi ini akan dipandu oleh Guru Besar FISIP Undip yaitu Prof. Dr. Dra. Naili Farida, M.Si selaku moderator.

Adapun Calon Guru Besar dari Fakultas Teknik Undip yang akan memaparkan hasil penelitiannya yaitu Dr. Ir. Atik Suprapti, MTA. Dosen arsitektur FT Undip ini akan menjelaskan hasil penelitiannya dengan judul “Pendekatan Living Heritage menuju Keberlanjutan Kota Islam di Pesisir Utara Jawa”. Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.T. yang merupakan salah satu Guru Besar FT Undip akan menjadi moderator dalam presentasi tersebut.

Rapat pleno yang akan digelar besok dilaksanakan secara daring menggunakan Microsoft Teams melalui aplikasi SSO Undip. Dalam rapat pleno yang membahas hasil riset dari para calon Guru Besar Undip ini diharapkan dapat menjadi wadah diskusi sehingga menghasilkan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat. Rektor Undip sangat mendukung penelitian para calon guru besar untuk didedikasikan pada perkembangan IPTEK di Indonesia serta menjalankan program percepatan Guru Besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan Undip.