Menyikapi kebijakan Merdeka Belajar yang telah diberlakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sejak 2019, Universitas Diponegoro terus menggelar berbagai program berkaitan dengan kegiatan Kampus Merdeka. Seiring dengan tujuan Merdeka Belajar untuk menciptakan lingkungan belajar yang kreatif dan menyenangkan, UNDIP menggelar berbagai kegiatan di luar kelas utama. Program Merdeka Belajar sesuai dengan tujuan UNDIP untuk menghasilkan lulusan yang complete, dan unggul di kancah nasional maupun internasional.

Pada September lalu, UNDIP juga telah mengimplementasikan salah satu program Kampus Merdeka yaitu memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi melalui program PERMATA SAKTI (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi). Selanjutnya, program di luar kampus yang digelar oleh UNDIP studi dan pertukaran pelajar. Terkait pandemi Covid-19, pertukaran pelajar akan diselenggarakan secara daring tanpa mengurangi esensi dari kegiatan tersebut.

Berbagai fakultas menggelar kegiatan yang mendukung program Kampus Merdeka, di antaranya adalah Fakultas Psikologi dan Fakultas Hukum. Fakultas Psikologi UNDIP mengadakan Online Summer Course Psyche 2020 dengan tema “Unlocking A Joyful and Meaningful Life: An East-West Way”. Dapat diikuti secara gratis oleh mahasiswa dari seluruh jurusan, kelas online ini membahas tentang kebahagiaan diri dan bagaimana cara memperoleh kebahagiaan menurut perspektif budaya timur dan budaya barat. Animo pendaftaran cukup tinggi mencapai 200 peserta. Sejumlah peserta online course merupakan peserta dari luar negeri yang terdiri dari Malaysia, Thailand, Cina, Sri Lanka, Nepal dan Belanda.

Fakultas Hukum UNDIP juga mengadakan program pertukaran pelajar bertajuk Lex Proficia 2020 (Law Exchange Program For Introducing the Indonesian Culture). Virtual summer program ini digelar untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa pertukaran pelajar. Acara ini dapat diikuti oleh International Undergraduate Student (IUP) tahun kedua, ketiga, dan keempat. Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 1 November 2020 dan gratis.

Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih kepada para mahasiswa agar menjadi lebih aktif dan adaptif. Meskipun kuliah masih dilaksanakan secara daring, UNDIP berharap agar mahasiswa dapat lebih kreatif dan fokus untuk mengembangkan potensi diri melalui program belajar di luar prodi dengan mengikuti berbagai kegiatan yang berkualitas