Kerjasama pengembangan wilayah pesisir di Jawa Tengah telah disepakati oleh Center for ICZM Undip dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam rapat yang dilaksanakan hari Senin, 21 September 2020. Rapat ini dipimpin oleh Dr. Aris Ismanto selaku Ketua Center for ICZM dan dihadiri oleh tim Center for ICZM Undip dan perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (PUSDATARU) Jawa Tengah.

Hasil dari kegiatan ini adalah kesepakatan kerjasama dimana Center for ICZM Undip yang akan memimpin dalam penyusunan masterplan Kabupaten Brebes pada tahun 2021. Harapan ke depannya, Center for ICZM Undip dapat ikut menyusun masterplan di semua kabupaten/kota sepanjang pantai utara Jawa Tengah sehingga pengelolaan pesisir utara Jawa Tengah dapat terintegrasi.

Dalam dokumen masterplan yang akan disusun nanti telah disepakati bahwa unsur-unsur yang harus dijelaskan adalah area perencanaan dari daerah hulu hingga hilir, melibatkan multi stakeholders, menjabarkan analisis fisik yang meliputi daya dukung dan daya tampung lingkungan, serta analisis nonfisik yang meliputi kaidah ekologis, sosial ekonomi, budaya, politik, hukum dan kelembagaan.