PSYCHE International Summer Course kembali hadir tahun ini. Program tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro ini dilaksanakan pada 5-14 Oktober 2020. Pandemi tidak menghalangi keberlangsungan summer course tahun ini sehingga meski berbeda dengan tahun sebelumnya, PSYCHE 2020 dapat terlaksana secara virtual menggunakan platform MOOCs UNDIP dan ZOOM. Mengangkat tema “Unlocking A Joyful and Meaningful Life: An East-West Way”, PSYCHE 2020 membawa nuansa yang berbeda dengan program summer course tahun sebelumnya. Pada tahun ini, peserta summer course lebih banyak diajak untuk berproses ke dalam diri untuk membuka kunci kebahagiaan yang sesungguhnya sudah ada di dalam diri masing-masing. Selain Psikologi Barat, pendekatan Psikologi Timur juga diperkenalkan khususnya dalam konteks kearifan lokal Indonesia di bidang psikologi sehingga peserta mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kebahagiaan melalui integrasi pendekatan Psikologi Timur dan Barat yang kaya dan menarik.

Pada peluncuran awal, program PSYCHE 2020 meraih banyak peminat baik lokal maupun internasional dengan lebih dari 200 pendaftar yang tercatat. Akan tetapi, setelah melalui sejumlah seleksi dan verifikasi, hanya 26 peserta yang berkesempatan mengikuti rangkaian program secara penuh. Peserta summer course ini berasal dari berbagai negara, meliputi: China, Thailand, Malaysia, Sri Langka, Nepal, Algeria, dan Indonesia.

Selama sepuluh hari kegiatan summer course, peserta dikenalkan berbagai konsep Psikologi Barat dan Timur yang bermanfaat untuk pertumbuhan diri, mulai dari body-and-mind relaxation, meditation, autosuggestion (self-hypnosis), psychology of emptiness, mindfulness, Sufi psychology, hingga Javanese meditation. Secara keseluruhan, materi summer course ini mengajarkan bagaimana peserta meregulasi emosi, mencari ketenangan, menghadapi tantangan, hingga menemukan kebahagiaan dirinya. Setiap harinya, peserta juga diajak untuk melakukan relaksasi dan mempraktikkan sejumlah latihan yang didampingi oleh audio yang tersedia di MOOCs.

Pada hari terakhir yang sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan PSYCHE 2020, sejumlah peserta menyatakan kesan yang mendalam selama mengikuti program ini. “Saya merasakan manfaat yang besar dari mengikuti kegiatan ini, saya merasa lebih bahagia, rileks, dan memahami diri saya. Saya berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyusun kegiatan ini dengan sangat baik.” (Red- terjemahan) ungkap Aishvirita, salah satu peserta dari University of Cyberjaya, Malaysia. Peserta lain, Seruni, dari London School of Public Relation bahkan berharap kegiatan serupa dapat diadakah setiap tahunnya karena dirasa sangat bermanfaat bagi dirinya. Terakhir, panitia dan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro selaku penyelenggara berharap relasi dan jejaring di antara peserta dan juga penyelenggara dapat terus terjalin meski program summer course telah berakhir.