creadenation diselenggarakan oleh international office universitas diponegoro

Diponegoro International Office (DIO) turut menyemarakkan rangkaian acara Dies Natalis ke-63 Universitas Diponegoro dengan menyelenggarakan Babak Final Lomba CREADENATION pada tanggal 20 Oktober 2020. CREADENATION merupakan lomba yang diperuntukkan bagi para mahasiswa internasional di seluruh dunia untuk showcase ide-ide kreatif berupa poster dan critical review. Kegiatan yang mengusung tema “Stay Creative Beyond Physical Boundaries” ini sukses diikuti oleh para peserta dari berbagai negara dengan total hadiah yang diperebutkan mencapai hingga USD 4500.

Para peserta dinilai berdasarkan kreatifitas ide, kesesuaian ide dengan tema kegiatan dan juga representasi poster maupun critical review yang ditampilkan. Adapun untuk Kategori Lomba Critical Review, 11 finalis juga melakukan presentasi online di hadapan para dewan juri yang beranggotakan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. (Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan), Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. (Wakil Rektor Riset dan Inovasi) dan Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D. (Dekan Fakultas Psikologi). Babak Final ini bertujuan untuk mengetahui kedalaman pemahaman ide kreatif dari para finalis yang dimana para dewan juri berkesempatan untuk melakukan interaksi tanya jawab.

Pemenang Kategori Lomba Poster ialah James Ramaromisa (Madagaskar), Yamin Amir Osman Abdelrazig (Sudan) dan Sgobariyah (Vietnam). Sedangkan Pemenang Kategori Lomba Critical Review adalah Charles Allen Herpacio (Filipina), Philomene Nyiramigisha (Rwanda) dan James Kalimanzila Matemani (Tanzania). “Kegiatan CREADENATION 2020 merupakan salah satu upaya kita untuk berbagi ide dan kreatifitas di masa pandemic ini. Diponegoro International Office (DIO) mendukung peran para mahasiswa internasional untuk tetap scientifically productive dan juga berkontribusi positif pada Dies Natalis UNDIP yang ke 63 tahun ini. Selamat Ulang Tahun, UNDIP” ujar Dr. Mada Triandala Sibero, S.Pi., M.Si. sebagai Ketua CREADENATION 2020. (AS)