SEMARANG –Sedikitnya 24 mahasiswa asing kuliah di Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (UNDIP). Mereka diterima pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 ini.

Tercatat sudah lebih dari 10 tahun Prodi MM UNDIP menerima mahasiswa asing (luar negeri). Dari tahun ke tahun, animo mahasiswa asing untuk belajar di MM UNDIP terus mengalami peningkatan.

”Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 semester ganjil ini, ada 24 mahasiswa asing diterima di Prodi MM UNDIP. Meningkat dari jumlah tahun sebelumnya. Mereka berasal dari berbagai negara. China, Thailand, negara-negara Afrika, Uzbekistan, Afghanistan, Timor Leste, Madagaskar, dan sejumlah negara lain,’’ kata Sekretaris Prodi Bidang Akademik MM FEB UNDIP, Mirwan Surya Perdhana PhD, Kamis (15/10/2020).http://mm.feb.undip.ac.id

Melonjaknya jumlah mahasiswa asing yang belajar pada program strata dua, dimana Prodi MM ada di dalamnya, merupakan bukti bahwa UNDIP merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang sudah diakui di tingkat global. Hal itu dibuktikan dengan hasil pemeringkatan yang dilakukan lembaga-lembaga terpercaya, dimana UNDIP masuk di jajaran universitas dunia.

Secara prinsip, kata Mirwan, perlakuan terhadap mahasiswa asing dan nasional sama saja. Yang pasti, pengelola program berupaya menciptakan suasana multikultural karena beragamnya latar belakang mahasiswa. Pola itu diharapkan dapat membantu terciptanya lulusan yang andal dan dapat bersaing di kancah internasional karena memiliki pemahaman multicultural yang kuat.

Di era globalisasi, tutur dia, tuntutan untuk dapat bekerja sama dengan rekan kerja maupun mitra bisnis yang berasal dari budaya dan negara yang berbeda sangat tinggi. Dengan suasana pembelajaran yang multikultural, mahasiswa secara natural akan menghargai perbedaan yang dapat meminimalisir potensi konflik dan kesalahpahaman ketika berinteraksi dengan orang yang berasal dari budaya atau negara yang berbeda.

Pada Prodi MM FEB UNDIP, para mahasiswa dibimbing oleh para tenaga pengajar tetap yang terdiri dari guru besar (Profesor), doktor, dan dosen praktisi dari dunia usaha. Para koordinator konsentrasi mata kuliah yang bertugas pun dipastikan semuanya sudah bergelar doctor, sehingga sumber daya dan kompetensinya untuk mempersiapkan peserta studi menjadi manajer yang andal tidak perlu diragukan.

Adapun visi-misi dan tujuan Prodi MM UNDIP di antaranya adalah mendidik mahasiswa agar memilki kemampuan konseptual, analitis, sintesis, manajerial dan praktis dalam mengembangkan dan membuat kebijakan bisnis. Sehingga mereka mampu menghadapi tantangan perubahan baik skala nasional, regional dan internasional. ‘’Kita menyiapkan mereka menjadi manajer andal yang mampu berkiprah di era global ini,’’ jelasnya.

Tidak dipungkiri, keberadaan mahasiswa asing juga meningkatkan penilaian untuk akreditasi fakultas maupun universitas. Karena itu, proses seleksinya juga ketat. Tidak hanya test akademik dan kemampuan bahasa saja yang diperhitungan, penilaian terhadap ijazah sarjanya juga diteliti.

Share this :