SEMARANG –Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil mempertahankan predikat sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia menurut penilaian lembaga pemeringkat dunia yang dirilis baru-baru ini. Hasil pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2021, UNDIP berada di posisi ke-4 dari 9 universitas di Indonesia yang diakui THE WUR masuk dalam posisi terhormat di tingkat internasional.

THE setiap tahunnya merilis daftar perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia, termasuk Universitas di Indonesia. Dikutip dari laman THE, lebih dari 1,500 universitas dari 93 negara masuk dalam peringkat ini. Dari sekitar 4.500 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, tahun ini hanya ada 8 perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam peringkat WUR 2021.

Selain UNDIP yang ada di posisi keempat Indonesia dan peringkat 1.000+ dunia, ada Universitas Indonesia (posisi pertama) peringkat 801-1.000 dunia; Institut Teknologi Bandung (posisi kedua Indonesia) peringkat 1.000+ dunia; dan Universitas Brawijaya (posisi ketiga Indonesia) peringkat 1.000+ dunia. Disusul  Universitas Gadjah Mada (posisi kelima Indonesia) peringkat 1.000+ dunia; Institut Pertanian Bogor (posisi keenam Indonesia) peringkat 1.000+ dunia; Universitas Padjadjaran (poisisi ketujuh Indonesia) peringkat 1.000+; dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (posisi kedelapan Indonesia) dengan peringkat 1.000+ dunia. Satu perguruan tinggi swasta yakni Universitas Telkom, masuk ke posisi ke sembilan dan meraih posisi peringkat 1001+ dunia.

Pemeringkatan tahun ini disebut-sebut yang terbesar dan beragam. Tidak hanya universitas negeri, universitas swasta juga masuk dalam radar pemantauan THE WUR. Dasar pemeringkatannya memakai 13 indikator kinerja yang dikalibrasi secara cermat dengan lima area dasar yakni teaching, research, citation (pengaruh riset) knowledge transfer dan international outlook. Hasil pemeringkatan didasarkan analisis atas lebih dari 80 juta sitasi terhadap sekitar 13 juta publikasi riset, dilengkapi dengan jawaban survey kepada 22.000 mahasiswa seluruh dunia

Rektor UNDIP, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, menegaskan hasil pemeringkatan tersebut merupakan hasil kerja seluruh jajaran civitas akademika, termasuk para alumni yang berkontribusi melalui perannya masing-masing. “Tentunya kita berharap setiap tahun peringkat kita bisa lebih baik lagi. Dengan segala keterbatasan yang ada, kami bersyukur dengan apa yang bisa kita raih sekarang,”kata Prof Yos Johan, Senin (2/11/2020).

Menurut Yos, upaya memperbaiki reputasi di tataran global adalah sebuah keniscayaan. Karena itu, dia menegaskan terus melakukan perbaikkan di segala bidang agar kampus yang berdomisili di Kota Semarang ini dapat lebih berkontribusi bagi bangsa dan umat manusia.

Pada tataran global, menurut THE WUR 2021, 8 dari 10 universitas terbaik dunia berada di Amerika Serikat. Akan tetapi peringkat pertama universitas terbaik dunia 2021 dan peringkat keenam dunia berada di Inggris, yakni Universitas Oxford, dan Universitas Cambridge. Adapun 8 lainnya yang masuk 10 terbaik adalah Universitas Stanford, Universitas Harvard, California Institute of Technology, Massachusetts Institute of Technology, University of California, Berkeley; Universitas Yale, Universitas Prince Town, dan The University of Chicago. 

Sementara Universitas Tsing Hua di China tercatat sebagai satu-satunya universitas di Asia yang berhasil menembus peringkat 20 besar dunia. Kemudian Universitas Peking China berada di posisi 23 dunia, dan National University of Singapore berada di urutan ke-25 dunia. 

Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Prof Ir Nizam MSc DIC PhD, mengapresiasi capaian delapan perguruan tinggi negeri (PTN) yang dinobatkan sebagai universitas terbaik berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rangkings tahun 2021.

Nizam mengatakan, Kemendikbud menyampaikan selamat dan apresiasi atas capaian yang diraih delapan kampus negeri yang menjadi kampus terbaik tersebut. “Meskipun peringkat bukan tujuan tapi tentu kita semua menyampaikan selamat dan apresiasi atas capaian 8 PTN kita,” ujarnya.