Semarang (4/11) – Pada hari Rabu tanggal 4 November 2020 diselenggarakan acara Upacara Wisuda ke-160 Universitas Diponegoro di Gedung Prof. Soedarto. Wisuda periode ke-160 ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 4-6 November 2020. Hadir dalam acara ini yaitu Rektor Undip, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, Wakil Majelis Wali Amanat, dan Dekan Fakultas/Sekolah.

Wisuda hari pertama ini diselenggarakan dalam 2 tahap, dengan Tahap I pukul 08:00 – 10:30 WIB dan Tahap II pukul 12:00 – 14:30 WIB. Wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda hari ini sejumlah 1.020 orang yang lulus dari Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Acara dibuka oleh Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D, IPU. selaku Ketua Senat Akademik Undip. Beliau berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar selalu menjunjung tinggi panji Diponegoro dimanapun mereka berada. Kemudian Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono,S.Sos.,M.Pol.Admin.,Ph.D. menyampaikan laporan wisuda ke-160. Terdapat total 2.544 wisudawan yang lulus pada periode ini.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan memberi semangat walaupun wisuda dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. “Jagalah karakter pemimpin sebagai ciri mahasiswa Undip. Para dosen di Undip akan selalu mendukung kesuksesan masa depan Anda semua,” tutur Prof. Yos.

Lebih lanjut, Prof. Yos berpesan bahwa dalam menghadapi masa yang belum ada kepastian (unpredictable) dimana lowongan kerja terbatas, kegiatan sosial yang dibatasi dan kondisi yang tidak menentu ini yakni dengan tetap semangat dan optimis. “Tingkatkan skill, memiliki integritas dan jiwa pantang menyerah,” pesan Beliau.

Dalam wisuda kali ini menampilkan alumni-alumni yang sukses dan menjadi kebanggaan almameter. Tujuannya untuk menjadikan teladan, inspirasi dan semangat untuk meraih cita-cita mulia.

Upaya membantu lulusan mencari pekerjaan, Undip telah memiliki UCC (Undip Career Center) untuk meningkatkan kompetensi dan wadah untuk menyiapkan karir dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia menjadi tenaga kerja yang siap kerja.