Semarang (5/11) – Universitas Diponegoro melaksanakan Wisuda ke-160 Tahap III dan IV pada hari ini. Acara upacara wisuda yang diselenggarakan di Gedung Prof. Soedarto ini dihadiri oleh Rektor Undip, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, Wakil Majelis Wali Amanat, dan Dekan Fakultas/Sekolah. Para wisudawan dan wisudawati mengikuti acara secara live melalui aplikasi Zoom.

Sebanyak 1.018 orang diwisuda hari ini yang lulus dari berbagai fakultas meliputi 199 orang dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 599 orang dari Sekolah Vokasi, 186 orang dari Fakultas Kedokteran, dan 34 orang dari Fakultas Psikologi. Pada wisuda ke-160 ini, hadir beberapa wisudawan dengan predikat cumlaude untuk membacakan Janji Alumni dan Ucapan Terima Kasih dari Wisudawan.

Dalam acara wisuda ini juga ditayangkan video motivasi dari para alumni Undip. Para alumni turut memberi semangat kepada para lulusan baru agar semangat memasuki dunia karir dan tetap membawa semangat Diponegoro dalam berkarya. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Rektor UNDIP, “mahasiswa Undip harus menjadi subjek yang melakukan perubahan untuk dunia agar menjadi lebih baik, bukan objek,” tuturnya.

Mewakili wisudawan untuk menyampaikan ucapan terima kasih, yakni Fajar Hudoyo wisudawan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Fajar menyampaikan ucapan terima kasih untuk semua dosen yang telah membimbing dan mendidik hingga meraih gelar sarjana. Fajar juga mengajak para wisudawan untuk semangat dan optimis meraih cita-cita. Ia juga mengungkapkan kebanggaan segera menjadi alumni UNDIP, kampus yang masuk dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia. “Setelah ini kita resmi menjadi alumni Undip, kita akan menapaki fase kehidupan selanjutnya. Kita sudah ditunggu dan ditantang untuk mengaplikasikan apa yang selama ini sudah kita peroleh, mulai dari ilmu pengetahuan, ilmu kehidupan, ilmu organisasi, ilmu bersosialisasi, ilmu mengembangkan relasi, dan banyak ilmu lainnya yang sudah kita dapatkan dari kehidupan kampus selama menjadi mahasiswa,” ujarnya.

Fajar juga mengajak lulusan UNDIP menjadi agent of change. “Mari kita bersama-sama untuk menerangi dunia dan membuat perubahan yang memberikan kemanfaatan. Dengan apa? Tentunya dengan ilmu pengetahuan yang sudah kita dapatkan selama menimba ilmu di Universitas Diponegoro”, pungkasnya.