Direktorat komunikasi dan Hubungan alumni bekerjasama dengan Inkubator Bisnis KKIB Undip pada hari Sabtu 7 November 2020 telah melaksanakan kegaitan Alumni Mengajar Tahap 1 tahun 2020. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan. Drs. Mujid Farihul Amin, M.Pd. selaku Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni menyatakan bahwa Topik Digital Business Development menjadi salah satu pilihan yang tepat. Di era yang serba disruption seperti sekarang ini, perkembangan bisnis digital juga terlihat semakin cepat. Oleh karena itu, mahasiswa bersama alumni dan civitas akademika Universitas Diponegoro perlu menyiapkan dan mengantisipasinya dengan baik. Acara tersebut dibuka dan diikuti secara penuh oleh Dwi Cahyo Utomo, SE, M.Sc, Ph.D, Akt, yang mewakili pimpinan universitas.. Dalam sambutannya, Plt Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis Undip tersebut menyampaikan apresiasi yang sangat baik terhadap kegiatan tersebut, sekaligus menitipkan pesan kepada mahasiswa supaya selalu mau mencoba hal-hal baru, dan jangan takut gagal.

Kegiatan yang diikuti oleh 323 peserta ini menghadirkan dua pembicara yang sangat expert di bidangnya. Pembicara pertama menghadirkan Ir Arif Kurniawan, MM selaku Komisioner PT JNE. Arif Kurniawan yang merupakan alumni Fakultas Sains dan Matematika (dulu MIPA) mengatakan bahwa jangan merasa takut dengan munculnya banyak pesaing, sepanjang kita kreatif dan inovatif kehadiran pesaing justru menjadi tantangan tersebdiri bagi kita untuk mengembangkan usaha.

Sedangkan pembicara kedua adalah Ir Daniel Lukito, MM, MSc, beliau merupakan pendiri dan founder dari PT Jordan Plastik. Daniel saat ini juga masih tercatat sebagai mahasiswa di Program Doktor Ilmu Ekonomi Undip menyatakan bahwa pengalaman menjadi pengusaha juga banyak yang tidak selalu mulus. Tetapi justru dari kegagalan tersebut, dia banyak mendapat pelajaran dan pengalaman untuk mengembagkan bisnisnya.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Idris, SE, M.Si selaku Ketua Inkubator Bisnis KKIB. Menurutnya, apabila tidak di batasi oleh waktu maka masih banyak tanggapan dan pertanyaan yang diajukan oleh audeien. Meski dilakukan secara online, antusias peserta sangat tinggi. Hingga akhir acara masih banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber. Secara tidak langsung kegiatan alumni mengajar tersebut juga mendukung implementasi Sustainable Development Goasls (SDGs). SDGs yang di dukung diantaranya adalah SDGs ke 4 Pendidikan berkualitas, SDGs ke 8 Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi dan SDGs ke 9 Industri, inovasi dan infrastruktur. Hal ini sudah menjadi komitmen dari jajaran pimpinan Universitas untuk selalu mendukung SDGs dalam setiap kegaitan yang di lakukannya.

Dalam kesempatan tersebut, Mudjid selaku Direktur Komunikasi dan Hubungan Almumni juga menyampaikan ucapan tersima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara tersebut mulai dari Erasmus+ dengan Smart Project-nya. Kedua pihak tersebut membantu dalam mengembangkan semangat kewirausahaan di Undip. Begitu pula dengan JNE serta Jordan Plastik yang memberikan dukungan penuh terselenggaranya acara tersebut. (idr,2020)