Pada masa pandemi saat ini, kesehatan adalah yang utama. Banyak upaya dilakukan untuk menjaga kesehatan dan imunitas, diantaranya dengan berolah raga. Baru saja UNDIP menggelar kegiatan Sepeda Sehat dalam rangkaian Dies Natalis ke-63 UNDIP yang dilaksanakan pada Minggu pagi (8/11). Rute dimulai dari Dekanat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menuju keluar gerbang kampus ke arah jembatan Sikatak. Kemudian melewati jalan depan Fakultas Kedokteran, Makam UNDIP, RSND, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, naik menuju jalan arah BNI Tembalang. Kemudian belok kiri melewati Polines menuju gerbang UNDIP. Adapun finish di halaman depan Gedung Widya Puraya Rektorat UNDIP Tembalang.

Berbeda dengan kegiatan sepeda sehat ataupun jalan sehat dalam memperingati Dies Natalis UNDIP sebelumnya, kegiatan Sepeda Sehat pada Dies Natalis tahun ini jumlah peserta dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan dan upaya menghindari kerumunan. Namun demikian acara berjalan cukup meriah terlebih karena adanya doorprize yang merupakan bantuan dari Bank Jateng.

Acara dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, para Dekan dan Pejabat dari Bank Jateng beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Rektor UNDIP Prof.Dr.Yos Johan Utama,SH.,M.Hum. menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Bank Jateng untuk turut memeriahkan Dies Natalis ke-63 UNDIP. “Dunia saat ini masih diuji, pandemi telah berdampak besar pada semua sendi kehidupan. Ruang sosial yang terbatas, membuat kegiatan ini tidak memungkinkan untuk mengundang banyak orang mengingat protokol kesehatan”, ungkap Prof. Yos. Lebih lanjut Prof Yos juga mengajak untuk tetap semangat  beraktivitas dan berkarya dengan tetap memperhatikan kesehatan seperti aktivitas berjalan kaki maupun bersepeda. Prof. Yos menambahkan bahwa kebiasaan hidup sehat mendukung kinerja pegawai yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan. Sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals yang ke-3 yakni Good Health and Well-Being.

Sementara Komisaris Utama Independen Bank Jateng Edhi Chrystanto menyambut baik dan berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk turut serta memeriahkan Dies Natalis ke-63 UNDIP. Beliau menyampaikan bahwa jargon Undip Lebih Baik menjadi semangat pula bagi Bank Jateng untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan dan menjalin kemitraan dengan UNDIP. Hal tersebut sejalan dengan tujuan SDGs ke-17 (Partnership for The Goals) yakni kemitraan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membangun Jawa Tengah melalui kontribusi yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize yang merupakan bantuan dari Bank Jateng. Terdapat hadiah hiburan berupa handuk, lampu emergency. Juga rice cooker mini, kipas angin, tabungan Bima sebesar satu juta untuk masing-masing yang beruntung. Terdapat pula handphone dan smart tv dan doorprize utama e-bike.