Mahasiswa Universitas Diponegoro kembali meraih prestasi gemilang dengan hasil karyanya yang mendapat juara dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2020. KKCTBN 2020 yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang ini mengangkat tema “Inovasi Teknologi Kemaritiman dalam Penanganan Covid-19”. Tim mahasiswa dari Teknik Perkapalan menjadi perwakilan Undip untuk berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Acara ini bertujuan untuk ajang pengembangan inovasi yanh berasal dari ide anak bangsa untuk mengatasi pandemi Covid-19 dalam bidang teknologi kemaritiman dan perkapalan.

Undip mengirimkan empat tim mahasiswa dan berhasil meraih juara dengan desain yang mereka ciptakan. Pemenang kontes diumumkan pada 7 November 2020 lalu dan prestasi yang diraih oleh perwakilan Undip yaitu Juara 1 kategori desain kapal rumah sakit, Juara 3 kategori desain kapal ambulan, Juara Harapan 1 kategori desain kapal Ro-ro, dan Juara Harapan 1 kategori desain ERC (Electric Remote Control) Boat.

Keberhasilan yang telah diraih merupakan hal yang membanggakan karena mahasiswa Undip turut memberikan sumbangsih ilmu untuk pengembangan teknologi di Indonesia khususnya dalam bidang maritim dan perkapalan. Prestasi yang dicapai pun tak terlepas dari dukungan para dosen yang membimbing anak didiknya agar selalu berinovasi canggih. Undip terus mendukung mahasiswa agar menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat kota Semarang dan Indonesia, sejalan dengan salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu untuk membangun kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Diharapkan inovasi baru ini dapat mempermudah kehidupan masyarakat dalam kondisi pandemi di masa sekarang.