Hari Kesehatan Nasional yang diperingati pada tanggal 12 November merupakan wujud penghargaan pada tenaga kesehatan di Indonesia. Bertepatan dengan pandemi Covid-19, peringatan di tahun 2020 ini diperuntukkan untuk memberi semangat khususnya kepada segenap jajaran tenaga kesehatan yang tanpa mengenal lelah memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien umum dan pasien Covid-19. Menjunjung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”, Kementerian Kesehatan menghimbau seluruh UPT dan Dinas Kesehatan Provinsi se-Indonesia untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56 dengan tepuk tangan selama 56 detik.

Universitas Diponegoro turut berpartisipasi dalam gerakan tepuk tangan selama 56 detik secara serentak se-Indonesia yang dilakukan pada pukul 12:00 WIB. Rektor dan civitas academica Undip melaksanakan gerakan tepuk tangan di lapangan Widya Puraya Undip dan tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan. Acara yang ditayangkan secara live ini merupakan bentuk apresiasi Undip kepada seluruh tenaga kesehatan di Indonesia yang pantang menyerah memberi layanan kesehatan terbaik. Selain itu, makna di balik gerakan ini adalah tepuk tangan memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperlancar sirkulasi darah ke berbagai organ, serta meningkatkan fungsi otak dan konsentrasi. Hari Kesehatan Nasional ini juga mengingatkan kita semua agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan di manapun kita berada.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum memimpin gerakan tepuk tangan 56 detik yang diselenggarakan oleh Undip. Beliau berterima kasih kepada tenaga kesehatan di Undip dan di Indonesia dan berharap agar kita semua senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan menjalani kehidupan normal baru di era pandemi. Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak adalah poin utama yang dapat kita lakukan selama aktivitas sehari-hari. Dengan menjaga diri, keluarga, dan masyarakat, maka bersama kita dapat selamatkan bangsa dari Covid-19.