Alumni merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pertumbuhan dan pengembangan sebuah Universitas. Alumni merupakan salah satu parameter dalam pengembangan dan peningkatan daya saing serta parameter posisi Universitas di tingkat nasional maupun internasional.

Saat ini, posisi Undip dari QS AUR masih berada pada posisi 281-290 dan QS WUR berada dibawah 1000, sehingga perlu adanya upaya untuk peningkatan ranking Undip secara global. Baru-baru ini upaya tersebut telah membuahkan hasil yaitu untuk pertama kalinya Undip berhasil masuk ke dalam pemeringkatan THE WUR 2021, dimana Undip masuk ranking 1001+ dunia dan ranking 4 di Indonesia. Salah satu program strategis yang dilakukan adalah peningkatan kualitas lulusan sesuai dengan standar lulusan internasional, sesuai dengan indikator kinerja utama berdasarkan kriteria dari QS WUR, yaitu Employer Reputation.

Jumlah Alumni Universitas Diponegoro sampai dengan Juli 2020 adalah 222.836 orang yang tersebar di berbagai daerah bahkan di luar negeri, dan berada dalam berbagai profesi dan posisi. Jumlah alumni yang besar tersebut merupakan potensi bagi pengembangan dan branding almamater. Potensi tersebut perlu dikelola dengan baik agar memberikan manfaat bagi Universitas Diponegoro, alumni dan masyarakat luas.

Dalam upaya peningkatan Undip menuju World Class University (WCU), Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip bekerja sama dengan Kantor Pemeringkatan Undip telah melaksanakan kegiatan “Talkshow Penguatan Jejaring Alumni Undip 2020”. Kegiatan ini bertujuan untuk: peningkatan silaturahmi antara Universitas Diponegoro dengan alumni, pembahasan isu-isue strategis untuk Penguatan jejaring alumni Undip,  pemetaan tantangan Alumni Undip di Era Industri 5.0 dan kontribusi alumni terhadap pengembangan Undip, peningkatan peran alumni alumni dalam branding Undip, optimalisasi data base alumni, diantaranya untuk QS Employer Reputation.

Kegiatan Talkshow Penguatan jejaring Alumni Undip 2020 ini telah dilaksanakan secara berseri yaitu dari Seri 1 sampai dengan Seri 7. Seri 1  dimulai tanggal 15 Agustus 2020 sampai dengan Seri 7 pada tanggal 10 November 2020. Pada Seri 1 sampai dengan Seri 6, Talkshow ditujukan terutama untuk para alumni Undip yang berdomisili di dalam negeri yaitu di daerah-daerah sebagai berikut : DKI Jakarta-Jawa Barat-Banten, Jawa Tengah-DIY-Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi-Bali-NTB-NTT, Papua-Maluku. Talkshow Seri 7 ditujukan terutama untuk para alumni Undip yang berada di Luar Negeri. Dalam pelaksanaan Talkshow ini Undip bekerjasama dengan IKA Undip.

Para nara sumber  pada Talkshow Seri 1 sd Seri 7 tersebut diantaranya adalah Plt. Wakil Rektor III Undip – Dwi Cahyo Utomo, S.E., M.A., Ph.D. Akt, Kepala Kantor Pemeringkatan Undip – Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., M.Si dan para alumni diantaranya : Wakil Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undip – Drs. H. Akhmad Muqowam, Dubes Jerman – Dr. Arif Havas Oegroseno, SH., M.H, Dubes Malaysia – Drs. Hermono, M.A; Rektor Universitas Tanjung Pura  – Prof. Dr. H. Garuda Wiko, S.H., M.Si, FCBArb; Rektor Universitas Cenderawasih – Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.,M.T; dan  Dirjen Pajak Kemenkeu – Suryo Utomo , SE., Ak., MBT.

Dalam sambutannya Rektor Undip Prof.Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. menyampaikan bahwa dalam era Kampus Merdeka ini para mahasiswa dituntut untuk meningkatkan ketrampilannya, untuk itu para alumni yang memiliki potensi dan kemampuan dapat berperan dalam peningkatan ketrampilan mahasiswa melalui program magang di perusahaan / institusi para alumni.

Dalam upaya untuk peningkatan jejaring alumni, Universitas Diponegoro telah mengembangkan suatu perangkat yaitu Single Sign On (SSO), dimana sistem ini memungkinkan para alumni untuk terhubung dengan web Undip dan mengakses fasilitas yang tersedia serta terhubung dengan para alumni. SSO ini akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan jejaring alumni, seperti disampaikan nara sumber Plt. WR III Undip Dwi Cahyo Utomo, S.E., M.A., Ph.D. Akt.

Selain sistem SSO yang sudah ada di Undip, untuk peningkatan jejaring alumni, diperlukan adanya suatu platform khusus untuk  para alumni yang dikelola oleh almamater, hal ini disampaikan oleh para nara sumber yaitu Dr. Arif Havas Oegroseno, SH., M.H dan Drs. Hermono, M.A.

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undip yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum bp Drs Drs. H. Akhmad Muqowam menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan Talkshow 7 Seri ini dan mengharapkan pada akhir kegiatan dapat dihasilkan suatu rekomendasi untuk Undip dan IKA Undip langkah-langkah ideal dan praktis yang akan dilakukan ke depan untuk penguatan jejaring alumni.

Pada pelaksanaan acara tersebut, para alumni yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri menyambut baik dan sangat antusias mengikuti pelaksanaan Talkshow serta banyak memberikan sumbangsih berupa sharing pengalaman, memberikan ide-ide kreatif serta masukan yang sangat berharga dan bermanfaat untuk penguatan jejaring alumni Undip diantaranya untuk peningkatan data base alumni, pemetaan potensi alumni di tiap daerah serta peningkatan sinergi antar alumni dan alumni dengan almamater dalam rangka tindak lanjut kerjasama nyata alumni dengan Undip. Dengan terselenggaranya Talkshow 7 seri ini diharapkan ke depan terjalin sinergi yang lebih erat antar alumni serta alumni dengan almamater serta terwujudnya suatu langkah nyata sebagai perwujudan kerjasama yang erat antara alumni dengan almamater Universitas Diponegoro tercinta.