Center for ICZM (Integrated Coastal Zone Management) Undip menerima kunjungan dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Provinsi Jawa Timur pada hari Rabu, 4 November 2020. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan studi pembelajaran kerjasama Indonesia-Belanda ke Provinsi Jawa Tengah. Dengan adanya kerjasama bilateral Indonesia-Belanda di bawah MoU Water, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur ingin belajar dan mendapatkan informasi mengenai success story pelaksanaan kerjasama bilateral bidang keairan yang telah dilaksanakan cukup banyak di Provinsi Jawa Tengah.

Acara dibuka oleh sambutan dari Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. Beliau turut menyampaikan bahwa keberadaan Center for ICZM Undip ini sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Undip yaitu Tropical and Coastal Region Eco-development atau Pengembangan Ekologis Wilayah Pesisir dan Tropis. Oleh karena itu, pusat studi ini sangat potensial dalam mendukung visi Undip.

Bertempat di Ruang Sidang BAA Undip, acara ini juga dihadiri oleh Dr. Rien Dam sebagai Delegated Representative Water the Netherlands-Indonesia, Ir. SR. Eko Yunianto, Sp.1 selaku Kepala Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Adek Rizaldi, S.T, M.Tech selaku Kepala BBWS Pemali Juana, serta perwakilan berbagai dinas Provinsi Jawa Tengah antara lain Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Sekretariat Daerah Jawa Tengah.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan paparan singkat oleh Dr. Rien Dam mengenai kerjasama bilateral yang sedang berlangsung dan yang akan datang di bawah MoU Water dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kepala Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah dan Kepala BBWS Pemali Juana turut memberikan paparan mengenai program dan kegiatan masing-masing institusi. Acara kemudian berlanjut pada sesi diskusi untuk berbagi informasi dan pengalaman dari para peserta yaitu dinas-dinas di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagai penutup acara kunjungan pada hari tersebut, rombongan Dinas PUSDA Provinsi Jawa Timur berkunjung ke ruang kantor Center for ICZM Undip yang berada di Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro.