Rabu, 18 November 2020 lalu Program Studi Administrasi Perkantoran, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Webinar Kuliah Umum, dengan tema “Pengembangan Profesionalisme Humas di Era Revolusi Industri 4.0 dan Implementasinya di Sektor Publik dan Privat.” Pembicara webinar ini ialah Eddy Cahyono Sugiarto (Asisten Deputy Hubungan Masyarakat Kemensekneg RI), dan Joy Citradewi (Head of Corporate Communication PT Sri Rejeki Isman Tbk /Sritex). Acara ini dimoderatori oleh Suwandi, dosen Administrasi Perkantoran, Sekolah Vokasi, Undip. Kegiatan ini dilangsungkan dari pukul 08.30 s/d 12.30 WIB, menggunakan aplikasi zoom could meetings, diikuti sekitar 140 peserta, terdiri dari mahasiswa dan dosen di lingkungan Undip.

Joy Citradewi, menyampaikan materinya yang disesuaikan pengalaman kerjanya sebagai public relations di Sritex, terkait “Public Relations 4.0”. Joy menyebutkan bahwa humas memiliki kedekatan dengan perkembangan teknologi. Dewasa ini peran humas terlihat semakin penting, untuk meng-counter pemberitaan-pemberitaan, termasuk berita bohong atau hoaks. Joy mengibaratkan peran humas ibarat mata dan telinga perusahaan. Lebih lanjut, Eddy Cahyono Sugiarto, menyampaikan materinya terkait “Transformasi Kehumasan di Lembaga Kepresidenan RI Terus Berinovasi Menuju Smart Government Institution Guna Mendukung Suksesnya Kerja Presiden dan Wakil Presiden RI”. Eddy menyampaikan bahwa peran humas kepresidenan ialah mendukung tugas-tugas kepresidenan dalam menginformasikan kegiatan pemerintah. Tantangan humas pemerintah dalam era perkembangan teknologi informasi ini sangat menarik, mulai dari penguatan media sosial, sampai dengan pengembangan konten kreatif agar terdiseminasi dengan baik ke masyarakat dalam rangka menguatkan kepecayaan (trust) ke pemerintah.

Agus Purwanto, selaku Wakil Dekan II Sekolah Vokasi, Undip, berharap kegiatan webinar ini mampu menguatkan link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Hal ini penting, mengingat lulusan program studi ini perlu dibekali keilmuan prakktis agar lulusannya dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan yang siap kerja, khususnya di sektor perkantoran dan kehumasan.

——————————————————————————————————–

Johan Bhimo Sukoco, S.Sos, M.Si

Dosen Program Studi Administrasi Perkantoran,

Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro.

Media contact:  johanbhimo@live.undip.ac.id, 085642317178.