SEMARANG – Tim mahasiswa pendidikan Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil mampu berkibar dan meraih prestasi gemilang di ajang Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2020 yang diselenggarakan di Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Dari empat kategori yang dilombakan dalam Olimpiade Vokasi Indonesia 2020 (OLIVIA 2020), Tim mahasiswa  UNDIP meraih empat pengahargaan, yaitu sebagai Juara 2 dan Juara 3 LKTI Kategori Saintek, Juara Juara 3 LKTI Kategori Sosial dan sertifikat penghargaan untuk kompetisi Video Edukasi. Adapun OLIVIA 2020 sendiri melombakan empat kategori, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Saintek, LKTI Sosial, Video Edukasi, Design Website.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MS, memberikan apresiasi atas apa yang diraih para mahasiswa program vokasi Undip di ajang OLIVIA 2020.  Dia mengungkapkan prinsip lembaga selalu mendorong agar mahasiwa terus berprestasi. Mahasswa didorong untuk menjadi yang pertama.” Sesuai dengan slogan kami, Saatnya Vokasi Juara,” ujar Budiono.

Yang pasti, apresiasi diberikan bukan saja karena berhasil mendapat penghargaan. Apresiasi diberikan karena dalam berkreasi para mahasiswa juga membangun sinergi dengan mahasiswa dari kampus lain. Artinya, bukan hanya kreasinya yang unggul, tapi ada poin lain yang harus diapresiasi yaitu faktor kepemimpinan dan kolaborasi,” kata Prof Budiyono, Sabtu (21/11/2020).

Perlu diktehaui model kompetisi dalam OLIVIA 2020 merupakan ajang kreasi yang sekaligus juga mengasah kemampuan mahasiswa membangun jaringan dan melakukan kolaborasi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Model tersebut diprediksi akan banyak mendorong lahirnya kreasi yang lebih berdaya guna.

Dalam LKTI Kategori Saintek, mahasiswa Undip sebagai Juara 2 melalui karyanya bertema “Aplikasi Berbasis IOT untuk Mencegah dan Mengendalikan Kerumunan Masyarakat Pada Era New Normal”. Dalam karya ini mahasiswa Undip berkolaborasi dengan mahasiswa UGM.  Sedangkan untuk karya berjudul Fable (face Shield Biodegradable) Aplikasi Teknologi Virtual Reality Upgrading Development New Era yang meraih Juarai 3 LKTI Saintek, mahasiswa Undip personel Politeknik Negeri Semarang.

Karya mahasiswa Undip yang meraih Juara 3 Kategori LKTI Sosial bertema Solusi Distribusi Logistik Kemanusiaan Pasca Bencana dalam Era New Normal di Jakarta. Undip menggandeng Poltekkes Kemenkes. Adapun penghargaan sertifikat untuk karya Video Edukasi Pencegahan Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas, merupakan kolaborasi antara Undip dan Institut Pertanian Bogor.

Perlu diketahui, OLIVIA merupakan agenda tahunan dari Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI). Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai media pengembangan keilmuan, menciptakan budaya sebagai problem solver, menciptakan generasi muda yangg kritis dan tetap produktif.

Kegiatan itu juga dimaksudkan untuk menjalin kerjasama yang berkesinambungan, khususnya pendidikan vokasi di Indonesia. Karena itu tempat pelaksanaannya berpindah-pindah, semua berkesempatan menjadi tuan rumah. Untuk tahun 2020 ini terpilih sebagai tuan rumah adalah Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.