Universitas Diponegoro (Undip) mulai berkolaborasi riset dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang merupakan perguruan tinggi terbaik di dunia, berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Kerjasama riset ini merupakan bagian program kolaborasi riset MIT-Indonesia Research Alliance (MIRA) yang dimulai pada pertengahan tahun 2019 didukung oleh Kemenristek/BRIN, Depdikbud dan LPDP yang bertujuan membangun fundamental ekosistem riset di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan di Indonesia.

Menurut penanggung jawab (PIC) MIRA Undip, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc, yang juga merupakan Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi Undip, ada enam peneliti utama (PI) beserta anggota peneliti lainnya dari Undip yang mendapat kesempatan dalam program MIRA yang meliputi tema penelitian: energi berkelanjutan, termasuk material lanjut dan transportasi, lingkungan termasuk pemantauan dan mitigasi bencana, kemudian pangan dan kesehatan. Sebagai PIC MIRA Undip, Prof. Ambariyanto telah berkesempatan mengikuti program Executive Leadership Training di MIT pada tahun 2019 yang bertemakan Creating High Velocity Organization.

Sudah enam peneliti Undip, yang berangkat menemui professor partner di MIT pada bulan Desember tahun 2019 dan seharusnya ada beberapa professor MIT yang datang berkunjung ke Undip pada tahun 2020, namun karena situasi pandemi maka kolaborasi saat ini dilakukan tim peneliti Undip melalui pertemuan reguler secara virtual setiap minggu dengan tim peneliti MIT.

Kolaborasi Riset Undip dan MIT

Partner riset MIT adalah Prof. Anthony J. Sinskey, Biology Department bidang pangan dan kesehatan, dengan Prof. Ir. Retno Murwani, M.Sc., M.App.Sc., Ph.D., dari Fak. Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro.

Dari enam PI tersebut, dua PI telah memperoleh mitra peneliti dari MIT dan mendapatkan seed fund. Dalam pelaksanaan program MIRA ini, Undip harus berkolaborasi dengan beberapa peneliti dari PTNBH lainnya. Sebagai contoh, dalam bidang pangan dan kesehatan, partner riset MIT adalah Prof. Anthony J. Sinskey, Biology Department dengan PI Undip Prof. Ir. Retno Murwani, M.Sc., M.App.Sc., Ph.D., dari Fakultas Peternakan dan Pertanian, sebagai koordinator penelitian (Lead PI) dimana PI dan anggota peneliti berasal dari Universitas Indonesia, IPB, dan ITS. Sedangkan dalam bidang Pemantauan lingkungan dan mitigasi bencana, partner riset MIT adalah Professor Danielle Wood, Director of Space Enabled Lab, Multi Media Lab dengan PI Undip, Joga Dharma Setiawan, Ph.D dari Fakultas Teknik, sekaligus sebagai Lead PI dimana PI dan anggota penelitinya dari ITB, Unpad, dan IPB.

Selanjutnya, Prof Ambariyanto mengatakan bahwa pada akhir tahun 2020 ini, tim peneliti Undip dan MIT dalam program MIRA ini diharapkan dapat menyerahkan proposal riset untuk melanjutkan kolaborasi riset yang dilaksanakan pada tahun 2021-2023.