Universitas Diponegoro tengah menjalankan misi sebagai World Class University (WCU) dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi dengan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana belajar mengajar. Salah satu indikator untuk tercapainya misi tersebut yaitu dinilai dari jumlah program studi yang menawarkan program internasional dan jumlah mahasiswa internasional. Beberapa program studi di Undip telah membuka International Undergraduate Program (IUP), dan pada 2020 ini Fakultas Teknik menyusul fakultas lainnya yang telah membuka program IUP. Program studi yang membuka program IUP di Fakultas Teknik Undip antara lain Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah Kota.

Berkaitan dengan Program IUP, kemampuan berbahasa Inggris merupakan indikator dasar yang diperlukan untuk kegiatan belajar mengajar. Selain dosen dan mahasiswa, tenaga kependidikan juga perlu untuk lancar berbahasa Inggris untuk mendukung misi Undip sebagai WCU. Untuk mendukung misi tersebut, Fakultas Teknik Undip menerapkan program English Day setiap hari Senin. Program yang berjalan sejak tanggal 30 November 2020 ini bertujuan untuk melatih seluruh warga Fakultas Teknik Undip agar terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kantor Urusan Internasional Fakultas Teknik juga akan mengadakan kelas bahasa Inggris untuk dosen dan tenaga kependidikan yang nantinya diselenggarakan secara luring dan daring.

Gerakan ini merupakan langkah cemerlang untuk meningkatkan kualitas Undip menjadi WCU. “This is a great movement because it can improve our English skill, (ini adalah gerakan yang baik karena dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita)”, ungkap salah satu mahasiswa pada English Day perdana yang diadakan Senin kemarin (30/11/2020). Rencananya program ini akan dimulai dari komunikasi non-resmi antara dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Rektor Undip mendukung program ini agar segenap warga Undip mahir berbahasa Inggris dan dapat bersaing secara global di dunia internasional.