Sebagai universitas PTNBH di Indonesia, Universitas Diponegoro mendukung rangkaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Universitas Diponegoro secara konsisten mengambil peran dalam pencapaian dan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan kesepakatan pembangunan global untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Upaya yang dilakukan oleh Undip ini diakui keberhasilannya dengan meraih peringkat kedua terbaik nasional dalam UI GreenMetric World University Rankings Awards 2020 sebagai The 2nd Most Sustainable University in Indonesia. Pada peringkat internasional, Undip berhasil menduduki peringkat ke-39 secara global dari 912 universitas dan 84 negara yang termasuk dalam penilaian.

UI GreenMetric World University Rankings Awards 2020 adalah sistem ranking yang memberi penilaian dan apresiasi kepada universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan dengan menerapkan kebijakan dan program ramah lingkungan serta berkelanjutan. Menjunjung tema “Universities Responsibility for Sustainable Development Goals and World’s Complex Challenges”, konferensi UI GreenMetric World University Rankings Awards 2020 diadakan secara daring pada tanggal 7 Desember 2020 dengan mengundang ahli lingkungan dan perwakilan dari universitas. Fokus dengan tujuan “Green Campus and Sustainability in Universities”, sistem ranking ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian semua pihak dalam jajaran institusi agar lebih memperhatikan perubahan iklim global, konservasi energi dan air, daur ulang limbah, dan transportasi hijau.

Prestasi ini merupakan apresiasi sekaligus dorongan untuk Undip agar meningkatkan usahanya dalam membangun kampus hijau, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum. menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Undip yang telah melaksanakan program Sustainable Campus dengan kegiatan ramah lingkungan dan berkelanjutan. “Undip juga berupaya memperluas kawasan terbuka hijau berupa pembuatan taman dan hutan kampus, efesiensi energy, penggunaan energy ramah lingkungan, konservasi air, transportasi hijau, serta pembangunan kampus dengan konsep green and smart building“, ungkapnya. “Kedepannya, Undip berharap dapat berkontribusi lebih banyak untuk menjaga kelestarian serta konservasi sumber daya alam sehingga berdampak baik bagi Bumi kita tercinta”, pungkasnya.