Pemanfaatan Data Oseanografi dalam Penentuan Fishing Ground Rajungan untuk KUB Sido Makmur dan KUB Jasa Laut, Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan untuk memberi manfaat pada khalayak umum serta memajukan kesejahteraan masyarakat. Pada hari Kamis, 12 November 2020 telah dilaksanakan program pengabdian masyarakat untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sido Makmur dan KUB Jasa Laut di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Aris Ismanto dan merupakan kegiatan kolaborasi antara Departemen Oseanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, PUI CoREM, dan Center for ICZM Universitas Diponegoro.

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi peta fishing ground untuk rajungan di Teluk Awur. Selain itu, juga ada pemberian bantuan berupa bubu rajungan dan kalender peta fishing ground untuk rajungan. Peta fishing ground diperoleh dengan cara memanfaatkan data oseanografi. Penerima bantuan ini adalah para nelayan yang tergabung dalam KUB Sido Makmur dan KUB Jasa Laut.

Share this :