Mahasiswa Universitas Diponegoro kembali raih prestasi dalam olimpiade sains nasional yang diadakan oleh IYSA (Indonesian Young Scientific Association), yakni NASPO (National Applied Science Project Olympiad) dan I2ASPO (Indonesia International Applied Science Project Olympiad). Dengan mengangkat tema “Think Creative, Big Impact”, olimpiade ini mengajak para siswa dan mahasiswa di Indonesia untuk menemukan inovasi sebagai solusi permasalahan yang dapat diaplikasikan langsung terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini. Terdapat 6 tema kategori yang dilombakan pada NASPO dan 10 tema pada I2ASPO, dan semua tema tersebut berhubungan dengan permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia, sehingga diharapkan ide-ide kreatif dari olimpiade ini yang dapat berguna dalam kehidupan masyarakat. Penilaian hasil kinerja peserta berdasarkan empat kategori yaitu Urgency (30%), Visibility (20%), Relevance (30%), dan Presentation (20%).

Undip mengirimkan beberapa tim yang beranggotakan para mahasiswa dan dosen pembimbing. Pada Awarding Event yang diselenggarakan pada tanggal 23 Desember 2020, tim dari Undip berhasil meraih segudang prestasi. Pada NASPO, Undip berhasil mendapat medali perunggu dengan tema inovasi “MATERIAL-KU: Pengembangan Bisnis Digital Berbasis Start-Up Barang dan Jasa di Bidang Konstruksi demi Pembangunan yang Lebih Praktis dan Efisien”. Kemudian pada I2ASPO, tim dari Undip meraih juara hampir di seluruh kategori yaitu Gold, Silver, dan Bronze. Tema yang berhasil meraih kejuaraan tersebut antara lain “Tira Spray: Innovation Anti-Termite Spray and Wood Gloss from Perepat Mangrove Fruits (Sonneratia alba Smith)” untuk Gold Medal, “I-FOR: Flow Battery Innovation with High Capacity and Eco-Friendly Materials as a Future Renewable Energy Storage Solution” dan “MBD (Microalgae Bio-Diesel): Tetraselmis sp. Biodiesel Innovation Using Simultaneous Method as Future Renewable Energy Supply” untuk Silver Medal, serta “The Innovation of PPE Mask Brick as a Solution to Dispose Medical Mask Waste” untuk Bronze Medal.

Kemenangan yang membanggakan ini tidak terlepas dari kreativitas dan sinergi antara mahasiswa dan dosen Undip. “Kami akan terus mendukung para mahasiswa dalam mengolah kreativitasnya. Ciptakan inovasi dan jadilah subject penentu sebagai agent of change menuju Indonesia yang lebih baik”, tutur Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Rektor Undip.