Pendidikan Karakter Tahun 2021

Senin, (18/1) Universitas Diponegoro menggelar kegiatan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru 2020/2021 secara daring dengan platform microsoft teams. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D, Para Dekan, Ketua Lembaga Pengelola PSDKU, Para Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas/Sekolah, jajaran pejabat struktural kemahasiswaan Undip, dan sekitar 8451 mahasiswa baru angkatan 2020 yg mengikuti pembukaan. Acara tersebut digelar dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme terhadap NKRI serta membentuk insan mahasiswa yang tangguh, adaptif, cerdas dan beretika.

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. Beliau melaporkan bahwa tema dari pendikar 2020 yaitu “ Tangguh, Adaptif, Cerdas dan Beretika” yang dimaksud agar mahasiswa baru dapat menemukan jatidirinya, potensi yang dimiliki agar dapat dikembangkan lebih lanjut dan mengenali Undip dan lingkungan sekitar, serta membangkitkan kreasi dan inovasi sedemikian rupa sehingga mereka dapat memproyeksikan kemampuan potensi dirinya untuk kemanfaatan bersama.

“Kegiatan pendikar 2020 ini berlangsung selama 3 hari dan dikoordinasikan langsung tim universitas dibawah Dr. Hastaning Sakti dan tim Fakultas Psikologi Undip” ujar Prof. Budi.
Dalam kesempatan ini, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama memberikan sambutan dan pembukaan acara pendikar 2020. Prof. Yos mengatakan bahwa salah satu landasan dasar Undip yaitu ideologi Pancasila, kita berusaha melaksanakan seluruh kegiatan yang ada di Undip selalu berdasarkan sila- sila Pancasila, agar tidak ada yang bertentangan antara kepentingan.

“Nilai- nilai tersebut diatas harus masuk pada jatidiri kita semua khususnya mahasiswa yang kelak menjadi penerus bangsa, maka dibentuklah suatu karakter di Undip ini yang terdiri dari sifat- sifat komunikator, profesional, leadership, entrepreneur, dan educate” tutur Rektor. Diharapkan orientasi dari karakter tersebut dapat menjadikan lulusan Undip yang complete.