Pada masa pandemi Covid-19 ini hampir seluruh kegiatan pada berbagai sektor kehidupan dilaksanakan secara virtual, termasuk juga kegiatan belajar mengajar. Begitu pula dengan salah satu program yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro bagi para mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021 yaitu Program PENDIKAR (Pendidikan Karakter) yang tidak kehilangan esensinya meski dilaksanakan secara daring. Program yang bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa agar menjadi individu yang memiliki kemampuan unggul dan moral yang baik ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 18-20 Januari 2020. Dalam acara penutupan Program PENDIKAR Undip Tahun Akademik 2020/2021 pada Rabu (20/1). Hadir pada acara tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D, Dekan Fakultas/Sekolah, Kepala Biro, Ketua Penyelenggara PENDIKAR, serta para dosen pembimbing PENDIKAR.

Acara diawali dengan laporan kegiatan PENDIKAR oleh Drs. Handojo Djoko Waloejo yang menjabat sebagai Direktur Kemahasiswaan dan Karir. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga acara berjalan lancar serta atas antusiasme tinggi dari para peserta kegiatan PENDIKAR. Kemudian perwakilan dari mahasiswa baru juga menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan PENDIKAR. “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena materi yang diberikan akan berguna bagi perkuliahan maupun dalam kehidupan. Dari pendidikan karakter ini saya menjadi tahu pentingnya self-branding yang kuat untuk membentuk kredibilitas yang tinggi. Kegiatan ini juga mengajarkan kita untuk lebih beretika, karena dalam hidup kemampuan beradaptasi adalah hal utama”, ungkap Dimas Alexander selaku perwakilan mahasiswa baru dari Sekolah Vokasi.

Marjo, S.H., M.Hum., dosen pendamping PENDIKAR mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran acara PENDIKAR yang merupakan hasil komunikasi yang baik antara fasilitator, mahasiswa baru, dan dosen. Bertema “Tangguh, Adaptif, Cerdas, dan Beretika”, Program PENDIKAR ini dapat dijadikan penyesuaian proses belajar dan pedoman bagi para mahasiswa agar selalu menjunjung nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Beliau mengucapkan selamat bagi para mahasiswa baru yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan PENDIKAR. Prof. Budi berharap bahwa ilmu yang didapatkan dalam PENDIKAR bisa menjadi insight agar mahasiswa mengembangkan kemampuan untuk spotting masalah, dan berpikir creative serta out of the box untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ide gagasan kreatif dan inovatif diperlukan oleh masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha sehingga beliau berharap agar lulusan Undip dengan mudah mendapat kesuksesan di masa depan. Untuk itu, Undip telah menyiapkan dua pola pembinaan karir bagi mahasiswa Undip. Pola pertama di mana mahasiswa dapat memproyeksikan diri sebagai job creator maupun entrepeneur, yang akan dibimbing melalui Klinik Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis dan nantinya akan disesuaikan dengan disiplin ilmu masing-masing. Pola kedua adalah pembinaan sebagai jobseeker pada instansi atau perusahaan melalui UCC (Undip Career Center), yang memberikan info lowongan kerja bahkan talent scouting ketika mahasiswa akan lulus. “Undip juga akan membuka marketplace bernama Undip Mart, dan mahasiswa dapat menjadi pemilik toko atau membuka usaha melalui marketplace tersebut agar menjadi mahasiswa mandiri. Silakan didiskusikan dengan Kaprodi atau Dosen, kami siap memberi masukan”, pungkas Prof. Budi.

Acara ditutup dengan pengambilan foto bersama melalui aplikasi Microsoft Teams. Diharapkan rangkaian kegiatan Program PENDIKAR ini dapat menjadi bekal ilmu bagi mahasiswa Undip dan bermanfaat untuk kehidupan akademik serta dalam kehidupan berkiprah di masyarakat luas.