Semarang (29/1) – Center for BIO MECHANICS BIO MATERIAL BIO MECHATRONICS and BIO SIGNAL PROCESSING (CBIOM3S) adalah salah satu Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI PT) di Universitas Diponegoro yang memiliki peran penting dalam menjalankan misi Undip sebagai universitas riset di Indonesia. CBIOM3S Undip telah menghasilkan banyak inovasi berbasis teknologi yang sudah memiliki hak paten dan diproduksi secara massal untuk membantu aktivitas sehari-hari. Kembali luncurkan robot baru, pada Jumat, 29 Januari 2020, diselenggarakan demo robot pelayanan kesehatan dan pelayanan publik. Acara demo robot baru ini diadakan di UPT Laboratorium Terpadu Undip dan merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Diponegoro dan Pemerintah Kota Semarang. Hadir dalam acara ini yaitu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang, plt Wakil Rektor III Undip, Wakil Rektor IV Undip, Dekan Fakultas Teknik Undip, dan para dosen.

Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. selaku Wakil Rektor IV Undip Bidang Riset dan Inovasi, mewakili Rektor Undip, mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan yang telah hadir di UPT Laboratorium Terpadu. Beliau mengungkapkan bahwa UPT Laboratorium Terpadu adalah salah satu tempat merealisasikan ide-ide menjadi sebuah inovasi, dan laboratorium serupa juga terdapat di beberapa fakultas di Undip, antara lain di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik. “Terima kasih kepada Pemkot Semarang atas kerjasama tentang robot untuk pelayanan masyarakat. Ke depannya mari bekerjasama mengembangkan program baru, Pemkot Semarang dan Undip menciptakan inovasi baru dan branding bersama-sama”, pungkas Prof. Ambariyanto dalam sambutannya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang, Dr. Bambang Pramusinto, SH, S.IP, M.Si hadir dalam demo robot untuk pelayanan publik sebagai perwakilan Wali Kota Semarang. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Pemkot Semarang tengah memantau perkembangan teknologi robotika karena hal tersebut sesuai dengan visi misi Wali Kota Semarang yaitu penggunaan IT. Nantinya robot layanan publik ini akan diuji coba kembali di Balai Kota Semarang. “Terima kasih atas support Undip mengenai teknologi robotika di Semarang. Nantinya robot tidak hanya digunakan dalam pelayanan kantor Balai Kota saja, tetapi juga hingga pemerintahan level di bawahnya termasuk pemerintah kecamatan”, ungkap Dr. Bambang.

Demo robot kemudian ditunjukkan di depan tamu undangan, dan penjelasan mengenai robot disampaikan langsung oleh Direktur CBIOM3S, Dr. Rifky Ismail, S.T., M.T. Pertama-tama beliau memperkenalkan UPT Laboratorium Terpadu di mana ruangan laboratorium dan start-up dalam menciptakan robot berada. Beliau memaparkan bahwa robot pelayanan mempunyai fitur-fitur baru yang telah di-upgrade dari versi robot yang telah dirilis di Balai Kota Semarang pada tahun lalu. Upgrade fitur antara lain cara berjalan robot yang dapat dikendalikan dengan jarak yang lebih jauh, fungsi pemeriksaan pasien yang lebih lengkap dan sistem kendali video yang dikembangkan secara mandiri. Rofiq C Prayoga sebagai Tenaga Ahli di CBIOM3S menyampaikan bahwa robot layanan Kesehatan dilengkapi dengan fitur kamera dan beberapa peralatan kesehatan yang dapat termonitor dari nurse station. Untuk robot pelayanan publik nantinya akan didemokan di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah. Dengan penggunaan inovasi robot dengan fitur terbaru yang canggih diharapkan dapat memajukan penggunaan teknologi di Kota Semarang serta berkontribusi mereduksi rantai Covid-19 dengan meminimalisir interaksi manusia secara langsung.