Kantor Pemeringkatan-Tim Task Force World Class University (WCU) Universitas Diponegoro menyelenggarakan gelar wicara (talkshow) “Ben Matching: Bersinergi Membangun Negeri Melalui Riset dan Publikasi” Kerja sama UNDIP-Diaspora Malaysia-Singapura dalam rangka membuka peluang kerja sama riset antara dosen-dosen dan peneliti UNDIP dengan dosen dan peneliti diaspora di negara Malaysia dan Singapura. Gelar wicara ini diselengarakan secara darling melalui Zoom Meeting pada hari Senin 08 Februari 2021 mulai pukul 09.00-12.00 WIB dengan jumlah peserta pertemuan sebanyak 225 orang.

Zoom meeting dibuka pada pukul 08.30, dan resmi dimulai pada pukul 09.00. Acara ini dibuka dan dimoderatori oleh Prof. Dr. Denny N.S. S.T., M.Si. (Kepala Kantor Pemeringkatan UNDIP). Setelah pembukaan acara, dilanjutkan doa bersama dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Sambutan oleh Rektor UNDIP Prof. Dr. Yos Johan Utama. Dalam sambutannya, Rektor UNDIP mengungkapkan betapa pentingnya kolaborasi riset dan publikasi antara dosen-dosen dan peneliti UNDIP dengan peneliti diaspora.

Acara inti gelar wicara ini diawali oleh narasumber pertama, Prof. Irwandi Jaswir, Ph.D dengan presentasi mengenai “Halal Science and Its Contribution to the Halal Industry”. Prof Irwandi Jaswir ini memiliki kepakaran di bidang Food Chemistry & Biochemistry, Food Process Engineering, Halal Food Management dari Islamic International University of Malaysia (IIUM).  Profil dan kontak beliau bisa dilihat di https://www.iium.edu.my/bpmeru/?page_id=581. Berikutnya adalah presentasi tentang High-energy Reflectance Coupled with Spectroscopic Ellipsometry oleh Prof Food Chemistry & Biochemistry, Food Process Engineering, Halal Food Management, seorang pakar fisika dari National University of Singapore). Profil dan kontak beliau bisa ditemukan pada (https://www.physics.nus.edu.sg/faculty/rusydi-andrivo/). Paparan ketiga adalah mengenai Potensi Laut dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai oleh Jumadil Saputra, PhD, seorang peneliti bidang ekonomi sumber daya alam dan pengembangan masyarakat dari University Malaysia Terengganu. Profil dan kontak beliau bisa ditemukan pada (https://www.physics.nus.edu.sg/faculty/rusydi-andrivo/). Paparan Keempat oleh Mahardhika Pratama, Ph.D (kepakaran: autonomous deep learning, data stream, control system, predictive maintenance and autonomous vehicle) dari Nanyang Technology University tentang Autonomous Deep Learning. Profil dan kontak beliau bisa ditemukan pada (https://www3.ntu.edu.sg/home/mpratama/index.html). Presentasi terakhir oleh Prof. Dr. Jamari, ST., MT.  selaku Kepala LPPM UNDIP.  Sesi tanya jawab dan diskusi berlangsung selama satu jam dengan menampung sekitar sepuluh penanya dan pembagi pengalaman. Kemudian acara ini ditutup oleh WR IV Undip, Prof. Ambriyanto.

talkshow kerjasama undip-diaspora