SEMARANG – Wisudawan dengan nilai sempurna dari program magister (Strata-2) mewarnai Acara Wisuda ke-161 Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang digelar secara bertahap dalam tiga hari mulai Rabu (17/2/2021) sampai Jumat (19/2/2021). Di antara 354 wisudawan program magister, terdapat beberapa lulusan yang indeks prestasi kumulatifnya mencapai 4,0 atau nilai sempurna.

Para lulusan program magister yang meriah nilai sempurna di antaranya Anindya Pridanti A, Dewi Purnamasari, Rizal Alfaditya S dan Irawan Yuswono, keempatnya dari Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Kemudian Alik Kandhita Febriani dari Program Magister Kimia FSM (Fakultas Sains dan Matematika), Kuntara Fauzan Setiawan dari Prodi Magister Peternakan FPP (Fakultas Peternakan dan Pertanian), serta Nyevi Ria Budiastuti dari Prodi Magister Agribisnis FPP.

Dari Program Magister manajemen Sumber Daya Pantai FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) ada tiga lulusan yang meraih nilai sempurna yaitu Raut Wahyuning Palupi, Marsya Rochmani PEJ dan Aryo Bayu Aditomo. Program Studi Magister Ilmu Politik mencatatkan nama Arie Hendrawan dan Dewi Masitoh,  sebagai mahasiswa yang lulus dengan nilai sempurna. Fakultas Kedokteran, untuk Prodi Magister Ilmu Keperawatan mencatat nama Vivi Sofianto sebagai wisudawan dengan IPK 4,0.

Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, pada wisuda ke-161 tahap ketiga, Kamis (18/2/2021), mengucapkan selamat atas kelulusan para mahasiswa. “Juga untuk yang kelulusannya dengan predikat yang IPK-nya 4, ada yang 3,9, predikatnya cumlaude. Boleh berbangga, boleh berbesar hati. Tapi untuk yang IP-nya dekat-dekat samar-samar, predikatnya mungkin memuaskan, semuanya memiliki kebanggaan karena Anda semua adalah alumni Universitas Diponegoro,” kata Prof Yos Johan.

Hal itu dilandasi kenyataan bahwa semuanya melalui proses di perguruan tinggi yang tidak main-main. Universitas Diponegoro merupakan perguruan tinggi yang terakreditase A alias unggul. Di Indonesia tidak banyak perguruan tingi terakreditas A. Undip juga universitas terfavorit kedua di Indonesia, sehingga untuk masuk juga tidak mudah. Sebagai contoh untuk Prodi Fakultas Kedokteran Gigi yang hanya memiliki kursi untuk 9 orang, diperebutkan oleh 1.500 calon mahasiswa. “Undip juga masuk the best ten yang alumninya cepat mendapat pekerjaan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga diungkapkan, untuk program magister yang diwisuda kali ini Rerata IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 354 wisudawannya berada di angka 3,70 sementara rata-rata masa studinya 3,0 tahun.

Undip dengan 11 fakultas, satu sekolah vokasi dan satu sekolah pasca sarjana, memiliki 39 program studi magister yang pengelolaannya tersebar di tiap fakultas dan sekolah pasca sarjana. Prodi magister yang ada terdiri dari Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, Magister Sejarah, Magister Susastra, Magister Lingusitik, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Politik, Magister Adiministrasi Publik, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Administrasi Bisnis,  dan Magister Psikologi.

Di bidang teknik ada Magister Teknik Lingkungan, Magister Teknik dan Manajemen Industri, Magister Teknik Mesin, Magister Teknik Sipil, Magister Arsitektur, Magister Teknik Kimia, Magister Teknik Elektro serta Magister Pembangunan Wilayah dan Kota. Dalam ilmu terapan lainnya, ada Magister Energi dan Magister Ilmu Lingkungan serta Magister Sistem Informasi.

Untuk bidang agri ada Magister Ilmu Ternak dan Magister Agribisnis. Kemudian Magister Ilmu Kelautan dan Magister Manajemen Sumber Daya Pantai. Di kelompok Sains ada Magister Biologi, Magister Fisika dan Magister Kimia. Di bidang kesehatan ada Magister Ilmu Gizi, Magister Biomedis, Magister Epidemologi, Magister Keperawatan, Magister Kesehatan Lingkungan, Magister Promosi Kesehatan dan Magister Kesehatan Masyarakat.

Baca juga : UNDIP Kukuhkan 73 Doktor Baru di Wisuda ke-161