SEMARANG — Peringkat Universitas Diponegoro (UNDIP) dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia membaik dengan masuk 3 besar di tahun 2021 dari posisi di tahun 2020 yang berada di urutan ke-4 nasional. Beradasarkan publikasi lembaga pemeringkat perguruan tinggi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank, UNDIP berada di jajaran tiga besar bersama Universitas Gajah Mada (UGM) yang ada di urutan pertama, dan Universitas Indonesia (UI) yang ada di peringkat kedua.

UniRank merupakan hasil pemeringkatan perguruan tinggi lembaga yang secara rutin dilakukan oleh 4ICU. Mengacu pada publikasi di website https://www.4icu.org/id/ tahun 2021 ini ada 577 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan. Sebaran berdasarkan keberadaan perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan UniRank adalah Jawa Timur 98 perguruan tinggi (PT), Jawa Barat 56 PT, Jakarta 55 PT, Jawa Tengah 51 PT, Sumatera Utara 35 PT, Daerah Istimewa Yogyakarta 26 PT, Sulawesi Selatan 23 PT, Banten 20 PT, untuk Sumatera Barat dan Sumatera Selatan masing-masing 16 PT.

Kemudian Provinsi Aceh ada 15 PT; disusul Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur yang masing-masing memilik  14 PT terperingkat UniRank. Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Lampung memiliki 11 PT terperingkat, kemudian Riau dan Kalimantan Timur dengan 10 PT. Sedangkan provinsi lainnya memiliki kurang dari 10 Perguruan tinggi terperingkat UniRank.

UniRank mensyaratkan tiga kriteria perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatannya. Yang pertama telah terakreditasi oleh lembaga terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Yang kedua menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana. Yang ketiga adalah memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Teknis penilaian untuk UniRank dilakukan menggunakan sistem algoritma dari lima website yang dianggap netral dan independen, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, serta Majestic Trust Flow. “Tujuan kami menyediakan peringkat non-akademik dari universitas-universitas terbaik di Indonesia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi, berasal dari sumber informasi web independen,  bukan dari data yang dikirimkan oleh universitas,” demikian pernyataan yang menyertai publikasi 4ICU UniRank Edisi 2021.

Universitas Diponegoro merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri berstatus PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) yang berdiri di Semarang tahun 1957. Undip dengan Akreditasi A (Unggul) memiliki 11 fakultas, satu sekolah pascasarjana dan satu sekolah vokasi. Saat ini merupakan salah satu kampus besar di Indonesia, dengan jumlah mahasiswa antara 35.000 sampai 39.999 orang.

Jenjang pendidikan yang diselenggarakan Undip sangat lengkap, mulai dari program diploma (D III), sarjana terapan (D IV), program sarjana, profesi, spesialis, magister atau strata-2 dan program doktor atau strata-3. Saat ini ada 167 program studi yang diselenggarakannya, dengan rasio pengajar yang masih relevan. Kampus yang berada di Kota Semarang ini bertekad mewujudkan minimal 10% dari tenaga pengajarnya berpredikat profesor atau guru besar.

Berikut peringkat 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut UniRank Edisi Tahun 2021: 1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI) Depok Jawa Barat, 3. Universitas Diponegoro (UNDIP) Kota Semarang, 4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, 5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sleman Yogyakarta, 6. Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, 7. Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, 8. Universitas Sebelas Maret (UNS) Kota Surakarta, 9. Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor Jawa Barat, 10. Universitas Lampung (UNILA) Bandar Lampung.