SEMARANG – Baru saja Undip menggelar press conference persiapan peresmian E-Learning Studio dan Vocational Tax Corner (VTC) oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum pada Senin, (15/3/2021) mendatang. Kedua teaching industry ini merupakan salah satu jawaban atas tantangan nyata yang dihadapi oleh penyelenggara pendidikan tinggi di era industri 4.0. Sekolah Vokasi Undip sebagai penyelenggara kedua teaching industry ini berupaya meningkatkan fasilitas praktik yang memadai bagi mahasiswa melalui E-Learning Studio dan pelayanan kepada civitas akademika melalui Vocational Tax Corner (VTC).

“E-Learning Studio didirikan Sekolah Vokasi Undip untuk mengembangkan berbagai metode dan substansi pembelajaran berbasis revolusi industri 4.0 yang selanjutnya dikemas dalam blended learning, case study, project based learning dan problem based learning. E-Learning Studio nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Sekolah Vokasi untuk mempraktikkan proses produksi program acara atau konten, salah satunya seperti pembuatan video edukasi sesuai dengan bidang keilmuan mereka”, ungkap Prof. Dr. Ir. Budiyono,M.Si.selaku Dekan Sekolah Vokasi Undip dalam press conference yang digelar pada hari ini, Jumat(12/3). Lebih lanjut Prof Budiyono menjelaskan, “Dosen dapat berkolaborasi dengan mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu meningkatkan kompetensi di bidang teknologi dan multimedia. Hal ini mengingat penyelenggaraan pendidikan vokasi didasarkan pada 70% praktik dan 30% teori. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dari mulai praproduksi, produksi, hingga editing yang menunjang dalam proses penciptaan konten kreatif”.

Selain E-Learning Studio, Rektor Universitas Diponegoro juga akan meresmikan Vocational Tax Corner (VTC). Kehadiran VTC yang dirintis oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Akuntansi Perpajakan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, di bawah naungan Kanwil DJP Jawa Tengah I tersebut diharapkan tidak hanya menjadi wadah pengembangan kompetensi bagi mahasiswa Akuntansi Perpajakan, namun juga sebagai tempat pelayanan di bidang perpajakan, khususnya dalam pengisian SPT online dan konsultasi pajak bagi para tenaga pendidik Universitas Diponegoro serta warga sekitar lingkungan kampus. VTC nantinya juga akan memberikan fasilitas pelatihan pengisian E-SPT PPh Orang Pribadi secara online bagi dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus Unversitas Diponegoro.

Selaras dengan visinya menjadi pusat pendidikan vokasi unggul dan berskala internasional pada 2040, saat ini Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro terus menempa diri dalam fase penguatan. Setiap program studi didorong untuk menampilkan keunggulan bidang keilmuannya agar mampu meningkatkan daya saing di tengah era revolusi industri 4.0. Beberapa keunggulan yang telah ditonjolkan oleh program studi di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, di antaranya meliputi digital public relation (PR), digital archive, e-logistik, Japanesse-English Vocational Languages Center (JEVLAC), Pusat Unggulan IPTEK (PUI) smart technology, desa digital, rumah apung, energi terbarukan, welding school, blended learning, dan sebagainya.

Kebanggaan bagi Sekolah Vokasi Undip apabila nantinya dapat berkolaborasi antar fakultas dalam menerapkan dan mengamalkan ilmu secara bersama-sama, termasuk kolaborasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) melalui inovasi yang menjadi produk dari teaching industry yang diciptakan dan dirintis sebagai bagian dari penguatan kompetensi dan untuk meningkatkan daya saing di era saat ini.