LP2MP Universitas Diponegoro menyelenggarakan Ujian Mandiri PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) semester gasal tahun 2021, pada tanggal 16 s.d 19 Maret 2021. Ujian meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Ujian Bahasa Inggris, Tes Substansi Prodi dan wawancara psikiatri. Jumlah peserta ujian 388 dokter untuk 19 program studi.

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis dan juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional.

Dalam wawancara pada Jumat(19/3), Dr. Paramita Prananingtyas selaku Sekretaris LP2MP Undip menjelaskan bahwa ujian  menggunakan Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer. CBT adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes, dimana penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Selain meminimalisasi human error, CBT mempunyai kelebihan lain diantaranya soal dapat diacak secara otomatis oleh sistem sehingga dapat mengurangi kesempatan peserta ujian melakukan kecurangan serta keamanan dan kerahasiaan soal ujian terjamin.

Dalam pelaksanaan ujian peserta wajib membawa Surat Bebas Covid-19 yang masih berlaku, berupa hasil Rapid Test/SWAB/PCR dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai standar Covid-19. (Linda-Humas)