Universitas Diponegoro selalu menjadi salah satu kampus idaman diantara perguruan tinggi yang lain bagi calon mahasiswa-mahasiswi baru pada SNMPTN Tahun 2021.

Wakil Rektor Akademik Kemahasiswan Prof. Budi Setiyono mengemukakan, “Tahun ini, Undip menerima jumlah pendaftar 26.408 calon mahasiswa baru dan jumlah yang diterima sebanyak 2.106 atau perbandingan 1 : 12,5. Data tersebut diperoleh  dari data LTMPT mengenai animo SNMPTN 2021”.

Banyaknya calon pendaftar menunjukkan bahwa Undip merupakan salah satu perguruan  tinggi terbaik di Indonesia. Tidak hanya memiliki kampus yang megah dan luas berfasilitas memadai, Undip juga memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. Selain itu Undip juga memiliki jaringan mitra internasional dan masuk dalam sepuluh besar PTN yang menerima calon mahasiswa terbanyak. “Pada saat ini, Undip terus melakukan langkah-langkah pengembangan strategis, yang bertujuan untuk mendorong dan mencapai visi Undip menjadi universitas riset yang unggul, serta menjadi universitas berkelas dunia yang bereputasi kuat di kancah internasional” ujar Prof. Budi.

Beberapa program strategis tersebut diantaranya adalah memperbanyak jumlah professor dan doktor, modernisasi fasilitas laboratorium, mengintensifkan promosi Undip ke luar negeri, menyediakan beasiswa untuk mahasiswa luar dan dalam negeri, mengintensifkan mode pembelajaran online, serta meningkatkan kegiatan student mobility baik inbound maupun outbond ke luar negeri.

Urutan program studi (prodi) yang menjadi favorit bagi para pendaftar tahun 2021 ini adalah Psikologi (Fakultas Psikologi), Kedokteran (FK), Ilmu Komunikasi (FISIP), Hukum (Fakultas Hukum), Kesehatan Masyarakat (FKM), Manajemen (FEB), Keperawatan (FK), Informatika (FSM), Administrasi Bisnis (FISIP).

Menurut Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA selaku Ketua LP2MP Undip dalam interview pada hari Senin (22/3) “Psikologi menjadi pilihan favorit dengan jumlah pendaftar 1.750,  perubahan jurusan favorit dikarenakan masyarakat dimasa saat ini menganggap psikologi pilihan yang sangat penting, dalam hal mendapatkan dan menciptakan pekerjaan. Jadi memang tahun ini pendaftar SNMPTN Undip banyak yang memilih Psikologi, selain itu Kedokteran masih tetap favorit diurutan kedua. Kebetulan di tahun-tahun sebelumnya animo Kedokteran cukup tinggi tetapi Undip hanya memiliki daya tampung yang relative kecil, sehingga masyarakat pun memiliki alternative pilihan di jurusan lain”.

“Undip yang telah menjadi PTN BH ini akan selalu siap menerima calon mahasiswa baru  dan menerima yang terbaik. Sedangkan untuk presentasi daya tampung di Undip, SNMPTN sebanyak 20%, SBMPTN 30% dan seleksi mandiri 50%” terangnya.

“Apabila saat ini calon-calon mahasiswa belum bisa diterima di jalur SNMPTN masih ada jalur-jalur penerimaan selanjutnya, seperti SBMPTN, IUP (International Undergraduate Program), dan jalur ujian mandiri, jadi calon mahasiswa harus tetap semangat, tetap mengikuti sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan selalu jaga kesehatan” ungkapnya.

Untuk informasi registrasi ulang calon Mahasiswa baru Jalur SNMPTN Undip dapat diakses di https://pmb.undip.ac.id/registasi-ulang-calon-mahasiswa-baru-jalur-snmptn-2021/. (Linda-Humas)

Share this :