Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan kuliah interaktif yang sangat menarik dengan mengundang dosen tamu yang memiliki reputasi global di bidang fisiologi, yakni Prof Dr Cheng Hwee Ming dari Department of Physiology Faculty of Medicine Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Kuliah yang digelar Sabtu. 27 Maret 2021 ini mendapat perhatian peminat masalah kesehatan.

Prof Cheng adalah ahli fisiologi kardiovaskuler yang banyak diundang untuk membagikan ilmunya baik di negara Barat maupun Timur. Dikutip dari laman Universiti Malaya, beberapa buku yang sudah ditulis adalah Physiology Question Based Learning: Neurophysiology, Endocrine and Gastrointestinal systems, Physiology Question Based Learning, Physio-Question-based Learning in CVS, Respi and Renal systems. Dia juga memiliki beberapa kuliah singkat dari rumah dapat diakses secara bebas di internet.

Dalam pengantarnya dr. Tanjung Ari Sumekar menyampaikan bahwa kuliah online ini diikuti oleh 270 mahasiswa dari tempat mereka masing-masing dan keseluruhan proses dilakukan menggunakan Bahasa Inggris. Kuliah yang dipandu pengajar FK Undip, Dr dr Hardian, dilaksanakan selama kurang lebih 80 menit.

Kuliah yang diberi tajuk “Physiology of Cardiovascular System” diselenggarakan secara sangat menarik, dimana Prof Cheng sudah menyiapkan 13 pernyataan yang didesain secara hati-hati sehingga seluruh konsep kunci dari fisiologi kardiovaskular dapat dibahas berdasarkan 13 pernyataan yang sudah disusun tersebut. Acara ini meskipun membahas topik khusus secara sangat detil dibawakan oleh moderator Dr. dr Hardian dosen ilmu fisiologi yang juga Ketua Program Studi Farmasi Universitas Diponegoro secara santai sehingga tetap menarik dan tidak terlalu tegang.

Metode yang digunakan Prof Cheng adalah meminta mahasiswa memberi pendapat apakah pernyataan yang sudah disiapkan benar atau salah dan memberikan alasan mengapa memberi pendapat bahwa pernyataan tersebut salah atau benar. Setelah itu Prof Cheng memberikan penjelasan seacara rinci satu-persatu menggunakan pendapat mahasiswa sebagai basis pembahasan. Sangat menarik, dimana mahasiswa dan dosen tamu berdiskusi tanya jawab, seringkali Prof Cheng tidak puas dengan jawaban awal dan meminta mahasiswa meng-elaborasi. Interaksi yang sangat intens beberapa kali terlihat, saat Prof Cheng terus meminta mahasiswa mengembangkan jawaban  sampai membuat mahasiswa meminta waktu untuk berpikir.

Beberapa pernyataan yang dibahas selama kuliah adalah 1) The duration of the pacemaker potential in increased by cardiac sympathetic nerve, 2) Starling’s law of the heart is no longer applicable in transplanted heart, 3) In the circulation, the greatest drop in pressure occurs at the capillary between the arteriole and venule end, 4) Sympathetic activity increases the capillary hydrostatic pressure, 5) During the baroreflex response in hypovolemia both the heart rate and stroke volume will increase above normal and 5) When the arterial compliance is decreased, both the systolic and diastolic pressures will increase.

Di penghujung acara, Dr dr Hardian mengaku sangat senang dan bangga acara ini bisa terlaksana. Hardian berharap di lain waktu Prof Cheng bersedia membagikan ilmunya lagi ke civitas akademika Undip.