Universitas Diponegoro – Semarang (11/04/2021) – Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Golf Universitas Diponegoro resmi dilantik oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro pada Minggu, 11 April 2021 di Padang Golf Graha Candi Golf Semarang. Pelantikan Pengurus UKM Golf ini  bersamaan dengan digelarnya ajang turnamen Diponegoro Golf Community (DGC) Jateng-DIY dengan tema “Gobar Marhaban ya Ramadan”. Dengan dilantiknya para pengurus UKM Golf ini maka dengan demikian UKM Golf resmi berdiri. UKM Golf bertujuan untuk menampung mahasiswa Undip yang hobi bermain golf, baik yang sudah mahir maupun yang ingin belajar mendalami olah raga golf.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono Ph.D. mengatakan bahwa pembentukan UKM Golf ini berkaca pada universitas-universitas besar di dunia yang memiliki ekstrakulikuler olahraga golf untuk mahasiswanya.

“Universitas-universitas besar di dunia banyak yang menjadikan olah raga golf sebagai kegiatan ekstrakulikuler mahasiswanya, sehingga terbentuklah student club-student club termasuk golf. Selain itu, golf adalah olahraga internasional. Dengan berdirinya UKM Golf ini ikut pula mendukung misi Undip menjadi World Class University,” jelas Prof. Budi Setiyono.

Diharapkan dengan berdirinya UKM Golf ini, mahasiswa memperoleh manfaat luas seperti dapat membangun networking dan kerjasama dengan para Alumni yang tergabung dalam DGC dan dengan sesama anggota UKM Golf yang berasal dari berbagai fakultas.

“Mahasiswa yang ikut UKM Golf akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dimana rasa percaya diri ini menjadi bekal melakukan lobbying dan jejaring untuk karir mereka kelak,” lanjut Prof. Budi usai menyerahkan secara simbolis 4 (empat) set peralatan golf sumbangan dari DGC Jateng-DIY kepada UKM Golf.

Setelah UKM Golf terbentuk, selanjutnya adalah mewujudkan terbentuknya lapangan praktis untuk bermain golf atau driving range golf di lingkungan kampus Undip Tembalang.

14 orang Pengurus UKM Golf yang disapa dengan Dipo Golfers merasa senang dengan berdirinya UKM Golf. Mereka dapat bermain golf bersama teman-teman mahasiswa yang sehobi. Sederet program kerja UKM telah menanti, diantaranya latihan rutin dan menjaring anggota, seperti yang disampaikan Ketua UKM Golf Arya Tri Putranto Abdillah.

“Kami penuh semangat dengan berdirinya UKM Golf, Di saat pandemi ini, olahraga yang paling aman dilakukan adalah golf karena digelar di lapangan terbuka, dan mudah melakukan social distancing. Kami juga sudah menyiapkan sejumlah program kerja, seperti latihan rutin, merencanakan turnamen golf antar mahasiswa Undip dan antar kampus, menjaring anggota dan tentunya membina anggota menjadi atlet golf berprestasi. Beberapa anggota kami memang sejak kecil sudah mengenal golf dan ada pula yang menjadi atlet golf di PON,” ujar Arya panggilan akrabnya.

Adapun susunan Pengurus UKM Golf Undip 2021 antara lain Arya Tri Putranto Abdillah (FH) sebagai Ketua, Geraldo Tritama Hadikusumo (FISIP) sebagai Wakil Ketua, Alf Haritz Proboutomo (FEB) sebagai Sekretaris 1, Afifah Risya Aulia Mozart (FH) sebagai Sekretaris 2, Atifa Alif Febryanti (FISIP) sebagai Bendahara 1, Muhammad Dafa Sheva (FEB) sebagai Bendahara 2, Mochamad Firza Anvialdi (FISIP) dan Ferdie Rafly Yustifidya (FH) bagian Logistik, Benz Arya Putra (FEB) dan Naufal Abror Adicha (FH) sebagai Humas & DKV, Togar Billy Armando (SV), Muhammad Hiranirafi Fakih (FEB) dan Kevin Susanto Putro (FEB) di bagian Sponsorship, serta Rykho Harahap (FH) sebagai Event Manager. (Hariyani)