Senin (12/4) hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 secara serentak. UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. UTBK dilaksanakan dalam 2 sesi, yakni sesi pagi dimulai pukul 06.45-10.30 wib dan sesi siang pukul 13.00-16.35 wib. Jeda waktu sesi pagi dan siang diatur mengingat kondisi pandemi saat ini. Tahun 2021 ini jumlah peserta UTBK di Undip adalah sebanyak 25.302 orang yang terdiri dari program saintek sebanyak 12.681, soshum sejumlah 11.971 dan campuran berjumlah 650 orang.

Untuk UTBK 2021, Undip melaksanakan 24 sesi yakni pada tanggal 12 s.d. 19, dan 26 s.d. 30 April 2021. Tes dilaksanakan di kampus Pleburan dan Tembalang. Jumlah peserta UTBK di kampus Undip Pleburan setiap hari (2 sesi) sejumlah 390 orang. Sedangkan jumlah peserta UTBK di kampus Undip Tembalang setiap harinya ada 1.980 orang yang juga dibagi dalam 2 sesi.

Tempat pelaksanaan UTBK di kampus Undip di kampus Peleburan, adalah Gedung MKU Pleburan dan Sekolah Pascasarjana. Sedangkan kampus Tembalang meliputi Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Psikologi dan di Gedung ICT Undip Tembalang. Adapun kapasitas kursi ruangan disesuaikan dengan jumlah peserta ujian dengan memperhatikan jarak sesuai protokol kesehatan yakni 1,5 meter.

Pada hari pertama ini, Rektor beserta Wakil Rektor dan para Dekan Fakultas melakukan peninjauan ke lokasi ujian untuk memantau pelaksanaan UTBK. Rektor Undip Prof.Dr.Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. menyampaikan, “Alhamdulillah, pelaksanaan UTBK hari pertama berjalan tertib dan lancar”. “Ini adalah kali kedua Undip melaksanakan tes UTBK di masa pandemi. Melaksanakan protokol kesehatan sesuai yang diberlakukan oleh LTMPT”, sambungnya. “Mulai dari petugas ruang dan peserta, semuanya mentaati tata tertib UTBK dan disiplin menerapkan protokol kesehatan”, ucapnya.

Senada dengan Rektor, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono,S.Sos.,M.Pol.,Admin.,Ph.D. menerangkan,”Dari hasil pantauan pelaksanaan UTBK hari ini berjalan lancar. Ini semua tidak lepas dari persiapan yang sudah dijalankan sebelum pelaksanaan UTBK”. Prof. Budi menjelaskan bahwa sebelumnya sudah banyak persiapan dilakukan dengan baik, meliputi pengecekan ketersiadaan ruangan, komputer, sarana-prasarana termasuk protokol kesehatan,termasuk juga petugas jaga ruang dan petugas kesehatan. “Kami sudah melakukan beberapa kali simulasi untuk pelaksanaannya” ujar Prof. Budi. “Selain itu Undip juga  menyiapkan fasilitas dan pelayanan prima bagi peserta UTBK difabel”, pungkasnya. (Utami-Humas)