SEMARANG – Program Studi Magister Ilmu Ternak (Prodi MIT) Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP UNDIP) memberi peluang bagi para mahasiswanya untuk meraih double degree (gelar ganda) dari tujuh universitas terkemuka di bidang keahlian ilmu ternak. Semua mahasiswa MIT berhak mengikuti program kembaran selama mampu memenuhi persyaratan yang ditetapkan penyelenggara program.

“Untuk double degree semua mahasiswa Prodi Magister Ilmu Ternak Undip mempunyai kesempatan untuk mendapatkannya. Kami sudah bekerja sama dengan 6 universitas terkemuka di beberapa negara yang ilmu peternakannya maju,” kata Dekan FPP Undip, Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono, MS, M.Agr., IPU; Selasa (13/4/2021).

Menurut pria yang popular dipanggil Prof Bambang WHEP ini, ke-7  universitas yang sudah menandatangani MoA (Memorandum of Agreement) dan  Technical of Agreement (TA) ada 3 universitas di Jepang, 2 universitas di Taiwan, satu perguruan tinggi di China dan satu di Jerman. Untuk Jepang ada University of The Ryukyus, Okinawa (Ryukyu Daigaku) dan Kagoshima University (Kagoshima Daigaku); Kagawa University (Kagawa Daigaku)). Ketiga universitas tersebut merupakan perguruan tinggi papan atas di negeri matahari terbit, dan berada di posisi terhormat dalam berbagai pemeringkatan internasional.

Tunghai University (THU) dan Asia University adalah mitra program double degree FPP Undip yang berada di Taiwan. THU yang terletak di Distrik Xitun, Taichung, merupakan perguruan tinggi yang masuk tiga besar di negeri tersebut. Sedangkan Universitas Asia yang berada di Distrik Wufeng, Taichung, meski tergolong muda selalu mendapat posisi dalam pemeringkatan baik skala internasional, kawasan maupun secara nasional. Mitra lainnya yakni University of Göttingen (Georg-August-Universität Göttingen) di Jerman; dan Huang Zhoung Agriculture di China.

Mengenai persyaratan untuk ikut program double degree, selain harus mengikuti test potensi akademik dan wawancara, juga harus mengikuti test Bahasa Inggris. “Double degree itu kan sifatnya internasional, jadi standar Bahasa Inggris yang harus dilewati juga cukup tinggi,” ujarnya.

Yang perlu dipahami program kembaran atau gelar ganda adalah bagian dari tahapan dan langkah strategis dari suatu universitas untuk mencapai World Class University (WCU). Program ini dinyatakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud sebagai salah satu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun dasar hukum dari program double degree di antaranya Pasal 50 UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, PP No 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Permendikbud No 31 Tahun 2014 tentang kerjasama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan oleh Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia. Program magister double degree dilaksanakan selama 4 semester, dimana mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan semester I dan II di perguruan tinggi dalam negeri dan selanjutnya kegiatan perkuliahan dan penelitian serta penyelesaian tugas akhir pada semester III dan IV dilaksanakan di perguruan tinggi mitra di luar negeri selama maksimal 12 bulan.

Program Magister Ilmu Ternak FPP Undip memiliki 4 konsentrasi, yaitu Produksi Ternak, Ilmu Nutrisi dan Pakan, Teknologi Hasil Ternak, dan Perencanaan Pembangunan Peternakan. Adapun fokus MIT FPP Undip adalah pengembangan ternak tropis melalui pengembangan sumber daya manusia peternakan dan pemanfaatan sumber daya ternak lokal berkesinambungan.

Akreditas terbaru Prodi MIT FPP Undip terbaru di tahun 2020, Terakreditasi  A berdasarkan  SK BAN Dikti No: 1943/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/III/2020. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa diperoleh melalui saluran komunikasi yang ada, melalui situs http://mit.fpp.undip.ac.id/ atau datang langsung ke Kampus MIT di Gedung F Lantai 1,  Kompleks Drh R Soejono Koesoemowardojo Jl Prof Soedarto, Tembalang, Semarang. (tim humas)