Universitas Diponegoro, Semarang (15/04/2021) – Empat Dosen Fakultas Teknik Universitas Diponegoro memaparkan karya ilmiah di hadapan Dewan Profesor dalam rangka pengusulan Jabatan Fungsional Guru Besar. Tiga calon guru besar di bidang Teknik Kimia, dan satu calon guru besar di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Acara pemaparan berlangsung satu hari penuh, mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore bertempat di Ruang Sidang Senat Akademik, Gedung SA-MWA Universitas Diponegoro.

Setelah menyimak pemaparan seluruh calon guru besar dan mempertimbangkan masukan dan saran dari seluruh anggota Dewan Profesor, Sidang Pleno Dewan Profesor Universitas Diponegoro memutuskan bahwa usulan untuk kenaikan jabatan sebagai calon guru besar bagi keempat dosen FT Undip, disetujui dan akan diproses lebih lanjut untuk mendapatkan SK Guru Besar dari Kemendikbud. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Profesor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA usai memimpin sidang pleno.

Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD menyampaikan rasa syukur atas lancarnya proses pengusulan empat calon guru besar ini.

“Alhamdulillah proses sudah berlangsung dengan baik dan mohon doa dari bapak ibu semua untuk kelancaran proses di Jakarta bagi keempat calon guru besar kami. Terimakasih atas atmosfir yang sangat kondusif, dimana kerjasama diantara fakultas, universitas dan kami para dosen, kami juga merasa sangat berbahagia karena dapat melaksanakan tridharma perguruan tinggi kami, dapat mencapai karir yang paling tinggi yaitu calon guru besar,” kata Prof. Agung Wibowo.

Menurut Prof. Agung Wibowo, SDM yang unggul merupakan faktor yang sangat  penting bagi Fakultas Teknik agar dapat bersaing dan berprestasi di kancah nasional dan internasional. Adapun para calon guru besar Fakultas Teknik yang diusulan kenaikan jabatannya antara lain:

Dyah Hesti Wardhani, ST., MT., Ph.D (Departemen Teknik Kimia) menyampaikan makalah dengan judul “Preparasi Biomaterial Berbasis Glukomanan dari Tepung Porang (Amorphophallus oncophyllus) untuk Penyalut Senyawa Aktif sebagai upaya Pengembangan Produk Pangan Fungsional Nasional”.

Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA (Departemen Teknik Kimia) menyampaikan karya ilmiah berjudul “Kinetika dan Optimasi Energi Pengeringan dalam upaya peningkatan Kualitas Bahan Makanan Kering”.

Dr. Aji Prasetyaningrum, S.T., M.Si (Departemen Teknik Kimia) memaparkan makalah berjudul “Pengembangan Teknologi Pengolahan Rumput Laut Untuk Peningkatan Ketahanan Pangan dan Derajat Kesehatan Masyarakat”.

Dr. –Ing. Wiwandari Handayani, ST., MT., MPS (Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota) menyampaikan makalah berjudul “Ketahanan Wilayah dan Kota (Urban and Regional Resilience): Konsep dan Operasionalisasi dalam Perencanaan Pembangunan di Indonesia”.

Keempat calon guru besar Fakultas Teknik ini diusulkan karena memang keempatnya telah memenuhi syarat untuk mendapatkan kenaikan jabatan fungsional tertinggi di lingkungan satuan pendidikan tinggi, seperti memiliki ijazah Doktor (S3) atau yang sederajat, paling singkat tiga tahun setelah memperoleh ijazah Doktor (S3), memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional dan memiliki pengalaman kerja sebagai dosen paling singkat selama 10 tahun. (Hariyani)