SEMARANG – Tiga Program Studi Magister yang dikelola Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro (UNDIP) mendapat status Unggul dan Sangat Baik dari LAM-PTKes (Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) atau Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH). Prodi Magister Kesehatan Masyarakat mendapat akreditasi “Unggul”, sedangkan Prodi Magister Kesehatan Lingkungan dan Magister Promosi Kesehatan masing-masing mendapat status akreditasi “A” yang berarti Sangat Baik/Excellent (versi sebelum tahun 2020).

“Akreditasi Unggul yang diperoleh Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Undip pada tahun 2020 didasarkan penilaian yang memakai 9 kriteria. Ini yang pertama di Indonesia dan tentunya di lingkungan Universitas Diponegoro,”kata Dekan FKM Undip, Dr Budiyono, SKM, M.Kes, Selasa (20/4/2021).

Sistem akreditasi yang dilakukan oleh LAM-PTKes yang mulai dilakukan Maret tahun 2015, memiliki dasar hukum yang kuat. Pembentukan LAM-PTKes sendiri difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Health Professional Education Quality Project (HPEQ Project) dari tahun 2009 sampai 2014. Adapun dasar hukumnya adalah UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya Pasal 55 ayat 5 yang menyebutkan bahwa akreditasi program studi sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri.

LAM-PTKes saat ini mampu menjadi lembaga akreditasi mandiri yang operasionalnya dibiayai dari dana yang dikumpulkan program studi tanpa subsidi pemerintah. Meski begitu, untuk menjaga kualitas dan independensinya, LAM-PTKes dimonitoring dan dievaluasi setiap tahun oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) yang mengembangkan sistem akreditasi nasional. Ada 7 Organisasi Profesi Kesehatan dan Asosiasi Institusi Kesehatan (Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat) yang ikut merintis pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia, yang selanjutnya disebut sebagai Pendiri LAM-PTKes.

Saat ini pada 3 Prodi Magister di FKM Undip memiliki 11 konsentrasi. Di Prodi S2 Kesehatan Masyarakat (MKM) ada 4 kosentrasi yaitu Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit; Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan; Konsentrasi Kesehatan Ibu dan Anak; Konsentrasi Sistem Informasi Kesehatan; dan Konsentrasi Gizi Kesehatan Masyarakat. Di Prodi Magister Kesehatan Lingkungan (MKL) ada program by course dan by research, terdapat 2 konsentrasi yaitu Konsentrasi Kesehatan Lingkungan dan Konsentrasi Kesehatan Lingkungan Industri. Sedangkan di Prodi Magister Promosi Kesehatan (MPK) ada 4 kosentrasi, yakni Konsentrasi Promosi Kesehatan, Konsentrasi Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Reproduksi dan HIV/AIDS, dan SDM Kesehatan.

Di lingkungan Undip sebenarnya ada program studi magister yang dari sisi keilmuannya masuk dalam rumpun Kesehatan Masyarakat, namun sementara ini di berada di pengelolaan unit lain. Yaitu Prodi Magister Gizi Masyarakat yang berubah menjadi Magister Ilmu Gizi yang sekarang berada di bawah pengelolaan Fakultas Kedokteran Undip berada di Departemen Ilmu Gizi; dan Magister Epidemiologi yang sekarang masih bernaung di Program Pascasarjana Undip.

Sebagaimana yang diatur dalam ketentuan, S2-Kesehatan Masyarakat, S2-Kesehatan Lingkungan, dan S-2 Promosi Kesehatan FKM Undip yang berdiri dengan Ijin Penyelenggaraan: 85/DIKTI/Kep/2001; 81/DIKTI/Kep/2001; 83/DIKTI/Kep/2001, dan berhak memberikan gelar M.Kes. (Magister Kesehatan Masyarakat) kepada lulusannya, memiliki Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework) di Level 8 KKNI dari 9 level yang ada.

Prodi MKM di FKM Undip berkomitmen menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai manager pelayanan kesehatan, educator, konsultan bidang administrasi dan kebijakan, peneliti bidang administrasi dan kebijakan kesehatan; serta pemimpin bidang administrasi dan kebijakan kesehatan. Untuk Prodi MKL untuk menghasilkan manajer bidang kesehatan lingkungan, edukator bidang kesehatan lingkungan, peneliti bidang Kesehatan lingkungan, dan konsultan kesehatan lingkungan. Sedangkan prodi MPK untuk menghasilkan manajer bidang promosi kesehatan, educator, konsultan promosi Kesehatan, peneliti bidang promosi kesehatan.

Adapun metode pembelajaran yang dipakai pada program ini meliputi ceramah, diskusi, penugasan (studi kasus), presentasi, kunjungan lapangan, residensi dan praktikum.

Magister Kesehatan Masyarakat (MKM), Magister Promosi Kesehatan (MPK), dan Magister Kesehatan Lingkungan (MKL) Undip menerima mahasiswa yang berasal dari lulusan S1 maupun D4 bidang kesehatan yang memilki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,0 dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi. Adapun jalur masuknya melalui Ujian Mandiri (UM) yang dilaksanakan secara terpadu di sistem pendaftaran UM yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro. (tim humas)