Sabtu pagi (24/04) Departemen Matematika melakukan pelatihan online dengan bertajuk “Pelatihan Online Pemrograman Python” yang dilaksanakan oleh Tim Abdimas Departemen Matematika FSM UNDIP. Penyampaian materi pemrograman Python oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Farikhin, S.Si., M.Si., Ph.D. Sementara Ketua Departemen Matematika, Dr. Susilo Hariyanto, S.Si., M.Si., menyebutkan bahwa pelatihan yang ditujukan untuk umum ini mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya peserta yang mendaftar, yaitu 400 orang. Beliau berharap pelatihan ini akan memberikan dampak khusus terhadap perkembangan ilmu matematika dan para peserta memperoleh ilmu yang bermanfaat sehingga bisa mengembangkan dasar-dasar python sesuai dengan bidang masing-masing sehingga akan memberikan peningkatan untuk semuanya.

Perwakilan mitra pelatihan, Riani Widyaningrum, S.Si., M.Si., dari MA Darul Ulum menyebutkan bahwa Python sedang booming di era industri terutama untuk pengolahan data sains. Lulusan dari Departemen Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro ini menceritakan juga kemampuannya mengenai bahasa pemrograman seperti python banyak dibutuhkan bahkan oleh komunitas yang bukan dari bidang matematika atau statistika. Contohnya, adalah digunakan untuk olah data statistika oleh KPU. Python sering sekali digunakan untuk mengambil keputusan dan ini penting kegunaannya dalam berbagai bidang. Dekan Fakultas Sains dan Matematika, Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si., bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas tanggapan yang baik dari masyarakat dan kekompakan panitia dalam mengatur acara sehingga berlangsung dengan baik. Acara yang berlangsung daring ini disebutkan oleh Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si., merupakan berkah karena tanpa batas waktu dan ruang, banyak peserta dari banyak tempat yang dapat hadir mengikuti.

Memasuki era industri 4.0 hardskill dan softskill yang senantiasa ditingkatkan karena juga persaingan kerja yang makin ketat membuat pelatihan seperti yang dilaksanakan hari ini dapat memberikan manfaat yang luas. Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si., berharap dengan pelatihan ini dapat memberikan bekal dan kemampuan untuk menunjang kinerja sehingga dapat lebih efisien dan efektif dalam permasalahan nyata atau di dunia kerja. Di bidang komputasi, cukup banyak bahasa pemrograman, salah satunya python. Selain itu, ada bahasa pemrograman Mathlab, Maple, SPSS, dll. yang tidak asing dipelajari di Departemen Matematika. Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro berharap bahasa pemrograman lainnya dapat diperkenalkan ke khalayak umum melalui pelatihan-pelatihan semacam ini. Sehingga dapat meningkatkan daya saing dan bekal pengetahuan dan keterampilan.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro sekaligus pemateri dalam pelatihan ini, Farikhin, S.Si., M.Si., Ph.D. menyambut baik hal ini dan meminta kepada peserta untuk bisa memberikan saran, kebutuhan apa yang dibutuhkan dalam di dunia nyata atau dunia pekerjaan yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, sehingga Departemen Matematika dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Beliau juga menyebutkan jika pelatihan hari ini hanyalah dasar dan fundamental saja tentang python dan pelatihan tingkat selanjutnya dapat dilaksanakan jika memang banyak kebutuhan di masyarakat. Pelatihan ditutup dengan tanya jawab dan diskusi bersama peserta yang begitu antusias merespon sehingga melewati waktu yang disediakan. Kemudian, panitia menyediakan kuis dengan hadiah doorprize untuk peserta yang hadir dan ditutup dengan foto bersama. (Diska-Humas)