Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilaksanakan di Kampus Universitas Diponegoro (Selasa, 27/4) secara keseluruhan prosesnya berjalan baik dan lancar. Sebelum memasuki ruangan, para peserta UTBK sangat tertib mematuhi protokol kesehatan dan tampak tenang selama mengikuti jalannya ujian. UTBK di kampus Undip secara ketat menerapkan protokol kesehatan, diantaranya dengan memakai masker, sterilisasi ruangan/komputer dan lingkungan, menjaga jarak antar peserta serta pengecekan suhu tubuh. Jumlah peserta disesuaikan kapasitas dan jumlah kursi pada masing-masing ruangan dalam setiap sesi.

Menurut Khothibul Umam selaku pengawas ujian di Lab Bahasa Inggris 1 Fakultas Ilmu Budaya, mengatakan jumlah peserta di ruangan sebanyak 10 (sepuluh) peserta dan hadir semua.

“Tidak ada kendala secara teknis, semua berjalan baik dan tentunya bagi peserta harus tetap semangat, baik yang nanti lolos seleksi maupun belum lolos. Masih ada kesempatan atau jalur lain untuk bisa masuk di universitas favorit” tuturnya.

Peserta yang mengikuti UTBK dibagi atas dua kelompok ujian yakni kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum). Dengan  jenis ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). (Linda-Humas)