SEMARANG – Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (UNDIP) menggandeng National University of Singapore (NUS) untuk saling memperkuat kajian tentang Asia yang dimotori oleh Asia Competitiveness Institute (ACI) yang merupakan bagian dari Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew di NUS. Melalui kerja sama tersebut, Undip akan mendapat manfaat melalui partisipasi aktif terhadap kegiatan yang dihelat ACI dan akses atas hasil penelitian dan kajian yang dihasilkannya.

Adapun acara penandatanganan Kerjasama antara Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) dan National University of Singapore, dilaksanakan secara online (daring) pada Selasa, 4 Mei 2021. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro; dan Prof. Paul Cheung selaku Director of Asia Competitiveness Institute, Lee Kuan Yew School of Public Policy National University of Singapore.

Terdapat empat poin penting yang tercakup dalam kerja sama tersebut, yaitu kesepakatan Undip untuk berpartisipasi dalam penelitian ACI-led pada “Annual Competitiveness Analysis and Development Strategies for Indonesian Provinces”; komitmen ACI menyertakan Undip saat menyampaikan hasil penelitiannya; kesepakatan bahwa ACI  untuk secara rutin menyampaikan publikasi (buku, artikel penelitian) tentang daya saing dan isu-isu terkait di Asia kepada Undip; serta kesepakatan masing-masing pihak untuk memfasilitasi pertukaran kunjungan akademik oleh staf peneliti dari kedua institusi.

Dekan FEB Undip, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si, mengatakan penandatanganan kerja sama tersebut merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-61 FEB Undip. Karena itu, setelah acara pendandatanganan, dilanjutkan Guest Lecture oleh Prof. Paul Cheung. Guru besar NUS ini membawakan materi bertema “Measuring Competitiveness in The Field of Human Resource: Asia Competitiveness Institute Approach” melalui Zoom Meeting diikuti tak kurang dari 550 peserta yang merupakan akademisi, peneliti, mahasiswa serta alumni FEB Undip.

Asia Competitiveness Institute (ACI) adalah bagian dari Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew (Lee Kuan Yew School of Public Policy/LKYSPP) yang merupakan sekolah pascasarjana otonom dari Universitas Nasional Singapura (NUS). LKYSPP didirikan untuk menghormati Perdana Menteri pertama dan terlama di Singapura yang sebelumnya merupakan Sekolah Program Kebijakan milik NUS hasil kerja sama dengan Harvard Kennedy School merupakan lembaga yang intens mengkaji Asia dan daya saingnya sejak tahun 2004.

Saat ini LKYSPP memiliki lima program master, program fellowship senior dan program PhD, serta memiliki empat pusat penelitian dengan hasil kajian, penelitian dan publikasi yang sangat banyak. (tim humas)