SEMARANG –Program Studi (Prodi) Magister yang ada di Unversitas Diponegoro (UNDIP) membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru untuk Tahun Akademik (TA) 2021/2022 melalui seleksi jalur Ujian Mandiri Pasca Sarjana dan Program Profesi Undip. Ada 39 Prodi Magister yang bisa dipilih sebagai tempat studi lanjut, adapun jadwal pendaftaran mulai 7 April sampai pada 1 Juli 2021.

Untuk seleksi ujian mandiri dilaksanakan bersama dengan tes masuk program pascasarjana dan program profesi pada 18 Juli 2021, sementara hasil test masuk akan diumumkan pada 24 Jul 2021. Adapun materi yang akan diujikan oleh LP2MP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) selaku pelaksana ujian mandiri berupa Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris. Untuk Tes Substansi Keilmuan akan dilakukan melalui wawancara dan tertulis oleh masing-masing Prodi.

Dari 39 Prodi Magister di Undip, 9 diantaranya merupakan program studi multi-entry atau menerima calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Kesembilan program studi tersebut adalah Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Ekonomi (ME), Magister Psikologi MPsi), Magister Komunikasi (Mikom), Magister Ilmu Lingkungan (MIL), Magister Ilmu Politik (MIP), Magister Manajemen (MM), Magister Promosi Kesehatan (MPK), dan Magister Administrasi Bisnis (Mabis). Meski terbuka, namun ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi.

Di Prodi MIL, persyaratan khusus bagi yang berasal dari bidang keilmuan yang berbeda mensyaratkan calon mahasiswa sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang lingkungan; magister ekonomi yang mempertimbangkan latar belakang pekerjaan calon mahasiswa yang berasal dari bidang keilmuan bukan ekonomi. Sedangkan Magister Promosi Kesehatan menerapkan program matrikulasi bagi mahasiswa yang berasal dari disiplin ilmu lain.

Mengenai persyaratan umum untuk bisa masuk Prodi Magister di Undip adalah Lulusan Sarjana Strata 1 dan Diploma IV;, memiliki IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi (kecuali Magister Kenotariatan dan Linguistik yang mensyaratkan IPK 3,0); Ijazah dan transkrip, Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/atasan langsung yang memiliki kualifikasi minimal S2); bagi yang sudah bekerja harus mendapatkan surat izin dari instansi tempat kerja; serta menyerahkan proposal awal atau proyeksi dan gambaran umum tentang penelitian yang akan diambil untuk tesisnya.

Tata cara pendaftaran Prodi Magister dan Profesi di Undip dengan mensyaratkan penggunaan akun email; peserta memilih UM S2/UM PROFESI, membayar biaya pendaftaran Rp 750 ribu pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri); melakukan upload dokumen dalam format pdf; mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian secara daring. Keseluruhan tahap tersebut dapat di akses di https://pmb.undip.ac.id/informasi-pascasarjana/.

Selain 9 Prodi multi-entry yang telah disebutkan di atas, Program Magister lainnya di Undip yang membuka pendaftaran di kategori saintek adalah Magister Agribisnis (MAgr), Magister Peternakan, Magister Biologi, Magister Epidemiologi, Magister Fisika, Magister Kimia, Magister Matematika, Magister Ilmu Biomedis, , Magister Ilmu Kelautan, Magister Kesehatan Lingkungan, Magister Kesehatan Masyarakat, Magister Keperawatan Psikologi, Magister Sistem Informasi, Magister  Energi, dan Magister Sumberdaya Pantai. Di Fakultas Teknik ada Magister Arsitektur, Magister Teknik Elektro, Magister Teknik Kimia, Magister Teknik Mesin, Magister Teknik Sipil, , Magister Teknik Lingkungan, serta Magister Teknik dan Manajemen Industri.

Sedangkan di kelompok sosial humaniora ada Prodi Magister Akuntansi (MAks), Magister Ilmu Susastra, Magister Linguistik (MLi), Magister Sejarah, Magister Hukum, dan Magister Kenotariatan. (tim humas)

Kalender Pendaftaran Pascasarjana dan Profesi Undip

Semester Gasal Gelombang 2

Pendaftaran Online :         7 April – 1 Juli 2021

Ujian Seleksi            :          18 Juli 2021

Pengumuman          :          24 Juli 2021