SEMARANG – Seleksi Mandiri atau yang biasa disebut jalur ujian mandiri (UM) adalah jalur penerimaan yang dikelola masing-masing kampus secara independen. Pada Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Diponegoro (UNDIP) memberi kuota penerimaan sebanyak 5.089 mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri untuk 51 program studi (Prodi) sarjana (S1).

Pendaftaran untuk Jalur UM Undip dibuka sampai dengan 17 Juni 2021.  Adapun pelaksanaan ujian online akan dilakukan 21 Juni – 3 Juli 2021, sementara hasil tes masuk akan diumumkan pada 7 Juli 2021. Jalur UM merupakan satu dari empat jalur penerimaan mahasiswa baru di PTNBH yang kampus pusatnya ada di Tembalang Kota Semarang ini. Tiga jalur lainnya adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) atau yang dikenal sebagai jalur prestasi.

Ujian Mandiri Undip terbagi menjadi dua program, yaitu UM Regular (4.686 kursi) dan UM International Undergraduate Program atau IUP (403 kursi). Untuk sistem penilaiannya tidak menggunakan hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), namun menggunakan hasil ujian online yang akan dikombinasikan dengan portofolio dari calon mahasiswa. Ujian online akan dilakukan melalui portal khusus.

Materi yang diujikan terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA). Adapun yang dimaksud dengan portofolio calon mahasiswa adalah nilai prestasi dari pendaftar mulai semester 1-6 selama duduk di bangku SMA/sederajat ditambah dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.

Secara umum, semua program studi S1 Undip membuka jalur penerimaan melalui UM. Secara garis besar ada 34 program studi Saintek dan 17 program studi sosial humaniora yang menerima calon mahasiswa dari jalur UM di TA 2021/2022.

Di kelompok Prodi Saintek ada Prodi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat; kemudian di Fakultas Kedokteran ada Prodi Kedokteran Umum, Prodi Keperawatan, Prodi Gizi, Prodi Farmasi dan Prodi Kedokteran Gigi. Kemudian di Fakultas Peternakan dan Pertanian terdapat Prodi S1 Peternakan,  Prodi Teknologi Pangan, Prodi Agroekoteknologi dan Prodi Agribisnis.

Fakultas Sains dan Matematika (FSM) memiliki Prodi Matematika,  Prodi Biologi, Prodi Bioteknologi, Prodi Kimia, Prodi Fisika, Prodi Statistika dan Prodi Informatika. Kemudian Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) memiliki Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Prodi Akuakultur, Perikanan Tangkap, Prodi Ilmu Kelautan, Prodi Oseanografi dan Prodi Teknologi Hasil Perikanan.

Sementara itu Fakultas Teknik (FT) memiliki program studi S1 yang terbanayak di lingkungan Undip. Ke-12 Program Studi Di FT meliputi Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitektur, Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Elektro, Prodi Perencanaan Wilayah Kota, Prodi Teknik Industri, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Teknik Perkapalan, Prodi Teknik Geologi, Prodi Teknik Geodesi, dan Prodi Teknik Komputer.

Adapun program studi yang ada di kelompok sosial humaniora (Soshum) meliputi Prodi Hukum di Fakultas Hukum; Fakultas Ekonomika dan Bisnis dengan Prodi Manajemen, Prodi Ekonomi Pembangunan, Prodi Akuntansi, dan Prodi Ekonomi Islam. Sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melingkupi Prodi Administrasi Publik, Prodi Administrasi Bisnis, Prodi Ilmu Pemerintahan, Prodi Ilmu Komunikasi, dan Prodi Hubungan Internasional.

Di Fakultas Ilmu Budaya terdapat Prodi Sastra Indonesia, Prodi Sastra Inggris, Prodi Sejarah, Prodi Ilmu Perpustakaan, Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, serta Prodi Antropologi Sosial. Fakultas Psikologi juga memiliki satu program studi, yakni psikologi. (tim humas)

Kalender Pendaftaran

Pendaftaran online            :           19 April – 17 Juni 2021 Pukul 12.00 WIB

Pembayaran                        :           19 April – 17 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB

Cetak Kartu Peserta           :           19 April – 17 Juni 2021 Pukul 23.59 WIB

Ujian Online                         :           21 Juni – 2 Juli (sesuai yang tertera pada kartu)

Pengumuman Seleksi        :           7 Juli 2021