Wisuda ke-162 Undip merupakan momen yang berharga bagi Ijai Pratama Putra, mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Ia  lulus dengan IPK 3,88, dengan masa studi 3 tahun 4 bulan 16 hari. Saat ini Ijai tercatat sebagai mahasiswa Fast Track di Magister Administrasi Bisnis Fisip Undip.

Ijai adalah seorang anak petani dari desa Woro, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang. Ia merupakan lulusan SMK yang mengalami kesulitan dana untuk melanjutkan kuliah, namun  memiliki  keinginan kuat agar dapat menempuh pendidikan tinggi. Akhirnya ia diterima di Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

“Pada awal kuliah di Semarang saya hanya berbekal uang tujuh puluh lima ribu rupiah dan tidak tahu harus tidur dimana sehingga saya bekerja serabutan, pernah bekerja sebagai penjaga warung Kue Pancong bahkan sebagai buruh bangunan demi bisa bertahan hidup di kota Semarang” kenangnya.

Karena kerja keras dan keuletannya akhirnya ia mendapat beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Rembang. Ia sangat fokus pada kegiatan yang menjadi passionnya terutama di bidang Business Plan Competition. Ijai banyak mengikuti dan memenangkan lomba-lomba skala nasional dan internasional antara lain Juara 1 Business Plan Competition Management Entrepreneur Championship, Bosowa University Makasar, Juara 1 Lomba Syariah Economic Expo Business Plan Competition 2019 “Optimalisasi Peran ZISWAF dan Islamic Sociopreneurship dalam Mengembangkan Industri Halal yang Berkelanjuran di Era Revolusi Industri 4.0”, Pusat Kajian Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Juara 1 Business Plan Competition “Youngpreneur Equality to Propels Economic Growth In the Industrial Revolution 4.0”, Bosowa University Makasar, Juara 3 Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition (IPITEX) 2020, NRCT (National Research Council of Thailand) dan Juara Harapan 1 Pekan Ilmiah Nasional PERBANAS Busines Plan Competition 2020 “Millenial dan Era Bisnis Kreatif”, Perbanas Institute Jakarta.

“Dengan kuliah di Undip saya berhasil mewujudkan cita-cita saya untuk keliling Indonesia dan dunia melalui lomba-lomba, Undip telah mendukung dan memberikan fasilitas terbaik bagi saya dalam menuntut ilmu khususnya di jurusan Administrasi Bisnis” tuturnya. “Saat ini saya sedang menempuh pendidikan program Fast-track S2 jurusan Magister Administrasi Bisnis di Undip, semoga Undip terus meningkatkan kualitas dan pelayanan serta semakin banyak lagi beasiswa dari Undip terkhusus untuk perkuliahan S2, agar siapapun memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi” lanjutnya.

“Apapun yang kita jalani saat ini niatnya adalah untuk ibadah, jangan hanya berprinsip hidup mengalir mengikuti air, sebab yang mengikuti air mengalir hanyalah kotoran dan ikan mati. Jadilah pribadi yang berbeda dan konsisten menekuni skill yang kita suka dan punya, maka dunia yang akan mencari kita” ungkapnya. (Linda Humas)