Pada hari Minggu, 30 Mei 2021, Tim Dosen dari Departemen Teknologi Industri Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Desa Polaman, Mijen, Semarang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengusung tema “Pelatihan Pengoperasian, Perawatan, K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan Pemberian Bantuan Mesin Pelet Ikan di Kelompok Budidaya Ikan Asa Mina Mulia Polaman, Mijen, Semarang”. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dari Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik (RPM) dan Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI), selain itu, para mahasiswa juga turut berpartisipasi yang juga mendukung Program Pemerintah dalam Kurikulum Kampus Merdeka Belajar. Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Yuli Indiastuti S.Pi. dari Dinas Pertanian Kota Semarang.

“Kami berterimakasih kepada Bapak Ibu Dosen Undip yang berkenan untuk berbagi ilmunya kepada kami di sini. Semoga kegiatan ini merupakan awal dari kegiatan selanjutnya di kelurahan kami yang tentunya dapat bermanfaat dan berkelanjutan” ujar Agung Susilo selaku Kepala Kelurahan Polaman, Mijen, Semarang. Adanya pemberian bantuan mesin pelet ikan ini, dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha budidaya ikan lele di daerah setempat. Dalam sambutan Ketua Program Studi Sarjana Terapan RPM, Dr. Seno Darmanto, S.T., M.T. disampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu upaya diseminasi teknologi terapan dalam mengatasi permasalahan tingginya harga pakan ikan di  Polaman.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi bahkan juga melibatkan para warga secara langsung dalam proses pengoperasian mesin pelet pakan ikan. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Djoko Santoso selaku Ketua Kelompok Budidaya Ikan Asa Mina Mulia beserta Bapak Triono, S.Pd. Kegiatan diawali dengan penjelasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) oleh Alaya Fadllu H. M, ST, M.Eng selaku Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang juga dosen dari Program Studi Sarjana Terapan RPM. Kemudian, langsung dilanjutkan dengan proses pembuatan pelet pakan ikan. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan proses troubleshooting terhadap mesin pembuat pelet pakan ikan. (AS)