Tim Mahasiswa Universitas Diponegoro memenangkan Lomba Desain Poster Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Tim ini terdiri dari Gresa Grinaldi (Mahasiswa Sejarah 2016, FIB) dan Moh. Taufik Afandi (Mahasiswa Teknik Komputer 2019, FT).

“Ajang ini merupakan Lomba Mahasiswa Tingkat Nasional yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Dies Natalis UNY yang ke-57,  dengan mengusung tema Transformasi Budaya Belajar Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Pandemi” tutur Gresa selaku ketua tim.

“Dalam proses penyeleksian lomba poster terdapat dua babak yaitu babak pengumpulan karya dan kedua babak presentasi poster. Pada babak pertama kurang lebih ada 150an karya dari sekitar 80 universitas di Indonesia sedangkan babak kedua, diseleksi menjadi 6 besar dan diberi kesempatan untuk presentasi, lalu diuji dan dinilai oleh 3 Dewan Juri yang merupakan dosen-dosen dari jurusan desain komunikasi visual” lanjutnya.

Lebih lanjut Gresa mengatakan karya yang dibuat sebisa mungkin memiliki pesan yang mudah tersampaikan bahwa dibalik segala keterbatasan yang berlangsung di era pandemi ini, masihlah ada sisi-sisi baik yang bisa kita lihat. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring seharusnya bisa membuat suasana menjadi harmonis dirumah dikarenakan para pelajar tidak lagi berangkat ke sekolah. Selain itu, di era pandemi ini kita harus bisa menjadi pribadi yang semakin tangguh dan bisa memanfaatkan situasi ini sebagai akselerasi untuk menjadikan diri kita pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Salah satu latar belakangnya adalah di berbagai lomba yang saya ikuti dengan tema serupa, hal ini seringkali luput tersampaikan. Yaitu belajar dari rumah justru merupakan kesempatan agar kita memulai perubahan besar yang dimulai dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dari rumah” terangnya.

Selain kompetisi ini, Gresa Grinaldi telah mengikuti beberapa kompetisi poster dan infografis, sebagai individu bukan tim. Ajang perlombaan yang pernah dimenangkan diantaranya Juara 2 lomba infografis nasional Semarang Energy Summit (diadakan oleh Dewan Energi Mahasiswa Semarang), Juara Harapan 1 lomba infografis mahasiswa tingkat nasional (diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Jember), Juara 1 lomba poster nasional (diadakan oleh lembaga pers mahasiswa LIMAS, Universitas Sriwijaya), Juara 1 lomba desain grafis nasional (diadakan oleh OSIS SMAN 17 Bekasi) dan Juara 3 lomba poster kampus merdeka (diadakan oleh BEM Universitas Syiah Kuala).

“Siapapun bisa memiliki kesempatan untuk berkompetisi atau mengikuti berbagai ajang perlombaan sesuai skill atau bidang kita serta tetap semangat dan jangan takut untuk gagal. Dibalik beberapa kemenangan ini kurang lebih saya sudah mengalami dua puluh tujuh kegagalan dalam bidang lomba yang sama tetapi kegagalan tersebut yang telah membentuk saya agar lebih siap dalam menghadapi kegagalan dan berhenti mengulangi kesalahan yang sama” ungkapnya. (Linda Humas)