Semarang-Universitas Diponegoro (Undip) kembali menyelenggarakan acara Talkshow Jejaring Alumni secara virtual pada hari Selasa (08/06), pukul 19.30 WIB melalui aplikasi Zoom meeting. Setelah sukses pada sesi 1, mengambil tema yang sama yaitu Bersinergi Membangun Negeri, pada sesi 2 ini diadakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip, DPP IKA Undip, dan Kantor Pemeringkatan Undip.

Talkshow dihadiri oleh Rektor Undip yang diwakili oleh Plt. Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis Dwi Cahyo Utomo,SE.,MA.,Ph.D., Dekan FIB Undip Dr. Nurhayati, M.Hum., Kepala Kantor Pemeringkatan Undip Prof Dr. Denny Nugroho,ST.,M.Si, dan Ketua DPP IKA FIB Undip yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Agustina Wilujeng Pramesti,SS.,MM. Hadir pula Wakil Pemimpin Redaksi Berita Satu TV, Adi Prasetya dan tamu alumni lainnya.

Talkshow dibuka dengan sambutan Rektor Undip, yang diwakili oleh Plt. Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis, Dwi Cahyo Utomo, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan pentingnya acara ini untuk menjaring dan menciptakan sinergi antar alumni dan Undip. Karena besarnya manfaat sumbangsih alumni bagi kemajuan Undip sendiri. “Kita ingin membangun sinergi bersama alumni itu supaya lebih kuat dalam rangka membangun Undip kedepan. Undip yang besar tidak akan besar tanpa alumninya sendiri,” ungkap Plt. Wakil Rektor III. Alumni juga diharapkan dapat berperan aktif dalam membangun Undip. “Teman-teman alumni bisa berperan aktif dalam rangka pengelolaan undip kedepan, baik secara langsung maupun tidak langsung.” lanjutnya.

Dekan FIB Undip, Dr. Nurhayati, M.Hum., menjelaskan pentingnya jalinan komunikasi dan kerjasama antar alumni untuk capaian kinerja dan prestasi FIB Undip. Prestasi yang sudah dicapai sebelumnya tidak dapat dilepas dari dukungan para alumni. Dukungan alumni dapat berupa pengabdian kepada masyarakat, sehingga akan sesuai dengan visi misi FIB Undip. “Sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi makanya misi kita menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian. Dari misi FIB ini semuanya berbasis penelitian, karena memang visi kita menjadi fakultas reseach,” ungkap Dekan FIB Undip.

Dengan Undip sebagai kampus PTN-BH dan Universitas Riset, serta tantangan Undip menjadi kampus berstatus World Class University, maka ada beberapa langkah yang harus dilalui Undip. Kepala Kantor Pemeringkatan Undip, Prof Dr Denny Nugroho ST MSi, menjelaskan milestone perkembangan prestasi Undip dan beberapa usaha yang masih dibutuhkan untuk peningkatan kualitas lulusan Undip. “Kami menginisiasi kegiatan ini dalam rangka untuk bagaimana kualitas lulusan ini akan terus kita tingkatkan. Dan juga indikator World Class University salah satunya Employer Reputation. Jadi kita mengejar yang Employer Reputation.” tutur Prof Denny. Kerjasama dan peran dari Alumni sangat dibutuhkan untuk kemajuan Undip. “Peran dari Alumni adalah bagaimana peningkatan indikator Employer Reputation kemudian meningkatkan kualitas lulusan. Ini sangat penting karena ini akan menjadi salah satu cermin Undip kedepan” lanjut beliau.

Ketua Umum IKA FIB Undip, Agustina Wilujeng Pramestuti, S.S., M.M, menambahkan alumni dapat berperan serta dalam membantu kebutuhan mahasiswa, namun dibutuhkan komunikasi dan sinergi antar unit untuk merealisasikannya. “Kita bisa meng-connect kebutuhan teman-teman yang ada didalam kampus untuk kita bantu jika ada trouble di titik-titik yang namanya birokrasi. Kerjasama, sinergi, jaringan alumni itu sangat bermanfaat apabila memang ada ruang berkomunikasi dan berdiskusi,” tutur Agustina. “Ruang itu bisa digunakan dari alumni untuk alumni, dari alumni untuk mahasiswa, dari alumni untuk kampus, dari alumni untuk masyarakat,” lanjutnya. Alumni juga dapat berperan aktif sebagai penyerap lulusan baru universitas. “Alumni yang bergerak dibidang media massa itu dapat merekrut dan menerima, serta membimbing anak-anak untuk bisa magang menjadi fotografer, wartawan, atau kontributor berita,” ungkap Ketum IKA FIB Undip.

Sementara itu, salah satu alumni FIB Undip yang juga menjabat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi BeritaSatu TV, Adi Prasetya, menyampaikan agar alumni Undip bersiap menghadapi peradaban digital. “Kami mendorong bapak ibu yang masih dikampus agar memberi nilai tambah bagi adek-adek mahasiswa agar melek digital, agar kedepan tidak gagap dalam menghadapi perabadaan digital,” ungkap alumni FIB itu. Disamping itu, pengalaman para alumni juga berguna bagi mahasiswa untuk memberi gambaran tentang bagaimana dunia kerja. “Kedepan kita membuka diri untuk datang ke kampus, untuk memberikan pengalaman sharing apa yang terjadi di dunia industri, agar teman-teman mahasiswa lebih siap,” lanjutnya. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab peserta.

(Dhany-Humas)