Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi sumberdaya perairan yang besar, meliputi sumberdaya perairan laut maupun perairan darat. Sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu potensi di Indonesia sehingga wawasan manajemen pengelolaan perairan yang baik diperlukan agar pemanfaatan sumberdaya perikanan maupun perairan tetap berkelanjutan.

Sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro tidak hanya menawarkan pengetahuan secara teori dan pembelajaran di ruang kelas, namun juga menyediakan pendidikan berbasis praktek di laboratorium maupun di lapangan. Lebih dari itu, mahasiswa dituntut untuk berfikir secara kritis dan mandiri sebagai bentuk penguatan daya saing dalam industri perikanan dan kelautan global. Misi FPIK Undip diantaranya adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dibidang perikanan dan kelautan, melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah serta menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) di bidang perikanan dan kelautan dan melaksanakan kegiatan kemahasiswaan untuk mendukung tercapainya kualifikasi lulusan COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker, dan Educator).

Alifia Valda Syahputri, siswa lulusan SMA N 6 Bogor yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Diponegoro mengatakan motivasinya memilih Undip sebagai kampus untuk melanjutkan studi karena Undip merupakan salah satu kampus favorit dan  unggulan di Indonesia. “Sejak SMP saya sudah berkeinginan untuk melanjutkan studi ke kota Semarang sesuai jurusan yang saya inginkan dan jurusan yang saya pilih adalah Manajemen Sumberdaya Perairan yang telah terakreditasi A” ungkapnya.

“Setelah membuka pengumuman dan mengetahui bahwa saya lolos di Undip rasanya bahagia sekaligus terharu karena akhirnya cita-cita sejak SMP terwujud. Bangga sekali bisa melanjutkan studi di sebuah universitas yang tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini,  saya sangat bersyukur dan akan bersemangat untuk belajar di jurusan yang saya pilih” lanjutnya.

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan adalah jurusan yang dipilih Alifia, menurutnya ia tertarik dengan jurusan ini karena mengkaji interaksi antara sistem sumberdaya alam perairan dan sumberdaya manusia serta sarjana-sarjana perairan sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan sekarang ini. Sektor perairan di Indonesia sangat luas dan tidak semua universitas memiliki jurusan tersebut.

“Selain Undip adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia dan telah didirikan sejak lama, fakultas atau prodinya banyak yang terakreditasi A. Dari informasi mengenai Undip yang saya akses melalui media sosial, Undip juga  menawarkan beasiswa yang tentunya sangat membantu para mahasiswa. Fasilitas-fasilitas yang dimilikinya pun sangat bagus dan mendukung dalam proses belajar mengajar, seperti adanya laboratorium-laboratorium di FPIK. Dengan melanjutkan pendidikan di FPIK saya berharap bisa semakin maju dalam mengembangkan ilmu. Pendidikan memegang peran yang sangat penting untuk memajukan bangsa, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berbekal pendidikan yang baik, berpeluang juga untuk mendapat kehidupan yang lebih baik” pungkas Alifia. (Linda Humas)