SEMARANG –Alumni merupakan salah satu kekuatan signifikan untuk memperkuat dan membesarkan kampus. Hal ini pula yang dilakukan oleh Ikatan Alumni Psikologi Universitas Diponegoro (IKAPSI UNDIP) yang memiliki tagline, connection collaboration-contribution, salah satunya dengan memberikan hibah dalam bentuk beasiswa dan bantuan kepada para adik kelasnya.

Dekan Fakultas Psikologi UNDIP, Prof. Dian Ratna Sawitri Ph.D,  mengatakan bahwa para alumni yang tergabung dalam IKAPSI Undip telah memberikan hibah dalam bentuk beasiswa, bantuan biaya hidup, bantuan untuk penelitian skripsi dan pemberian insentif bagi mahasiswa berprestasi. “Pelaksanaan pemberian bantuan telah dilaksanakan akhir pekan lalu,”kata Dian Ratna Sawitri, Senin (21/6/2021).

Menurut dia, bantuan yang dihimpun dari angkatan 2000 tersebut diberikan kepada dua mahasiswa dalam bentuk hibah beasiswa selama 9 bulan dengan besaran bantuan sebesar Rp 800.000 per bulan dan bantuan penelitian skripsi sebesar Rp 2.400.000. Sedangkan 2 orang mahasiswa lainnya menerima hibah beasiswa selama 12 bulan dengan bantuan sebesar Rp 800.000 per bulan.

Selain memberikan hibah beasiswa, Alumni Fakultas Psikologi Undip angkatan 2000 juga memberikan insentif kepada mahasiswa berprestasi (Mawapres) Fakultas Psikologi tahun 2021 yang berjumlah 6 orang, senilai total Rp. 3.550.000.  ‘’Saya ucapkan terima kasih kepada  Rury Mega Octyavera, S.Psi., dan seluruh angkatan 2000 atas terlaksananya kegiatan ini. Tak lupa juga kepada Ketua IKAPSI Undip, Faris Fanani, S.Psi beserta jajaran pengurus, dan seluruh anggota IKAPSI Undip yang turut mendukung kesinambungan kegiatan ini. Pemberian beasiswa alumni ini sudah kali kedua. Yang pertama, pemberian hibah beasiswa dilakukan oleh alumni Fakultas Psikologi Undip Angkatan 1999, yakni pada 26 Februari 2021 lalu,’’ ujar Prof Witri.

Adapun pemilihan penerima hibah, kata dia, berdasarkan hasil seleksi dan diskusi yang dilakukan oleh pihak fakultas, Badan Eksekutif Mahasiswa yang diwakili oleh Bagian Kesejahteraan Mahasiswa, dan perwakilan alumni pemberi beasiswa.

Prof Sawitri mengatakan, peran alumni sangat penting dalam membangun kekuatan untuk membesarkan kampus. ‘’Saya berterima kasih atas bantuan dari alumni dan berharap bisa bermanfaat bagi almamater, khususnya adik-adik mahasiswa yang berprestasi, yang memang membutuhkan bantuan finansial dalam menunjang terselesaikannya studi tepat waktu.’’

Beasiswa ini diharapkan dapat membantu mahasiswa berprestasi yang dari sisi ekonomi membutuhkan dukungan, membantu penyelesaian skripsi, dan memberikan rekognisi bagi mahasiswa berpestasi atas upayanya yang luar biasa dalam berkarya. ‘’Pastinya, kegiatan ini menjadi penyemangat adik-adik mahasiswa dalam belajar, berprestasi, dan menyesaikan studinya, serta mendorong alumni angkatan lainnya untuk bersinergi dan berkontribusi dalam kegiatan serupa maupun kegiatan alumni gives back lainnya,’’ tegasnya.

Sejak berdiri di tahun 1995 dan mulai menerima mahasiswa pada 1996, Fakultas Psikologi UNDIP telah meluluskan sedikitnya 2.600 alumni. Mereka tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia dan berkiprah di instansi pemerintah, swasta, membuka klinik psikologi, berwirausaha, dan ada juga yang berkiprah di luar negeri. Peran mereka makin kuat dengan jejaring alumni yang senantiasa melakukan koneksi, kolaborasi, dan memberikan kontribusi.  (tim humas)

Acara penyerahan beasiswa dari IKAPSI UNDIP secara daring. Foto: dok