Semarang-Universitas Diponegoro (Undip) pada Selasa, 22 Juni 2021 masih menggelar ujian Online UM S1 tahun akademik 2021-2022. Hari ini merupakan hari kedua dan telah berlangsung dengan tertib dan lancar. Peserta terlihat sangat antusias mengerjakan soal demi soal. Ujian online ini merupakan salah satu syarat untuk kelulusan dalam UM S1 Undip. Syarat lainnya ialah seleksi raport serta portofolio peserta.

Ujian online pada UM S1 tahun ini menggunakan aplikasi CAT (Computer Assisted Test) yang diciptakan oleh tim IT Universitas Diponegoro, sehingga peserta cukup mengerjakan soal dari daerah asalnya masing-masing. Dan pelaksanaannya akan selalu di monitoring oleh tim IT Undip. Bila ada kendala-kendala teknis maka akan langsung ditangani oleh tim IT Undip.

Ujian online Seleksi Mandiri S1 Undip akan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 21 Juni sampai dengan tanggal 02 Juli 2021. Setiap hari ada 3 sesi ujian dan diawasi secara online oleh pengawas. Satu orang pengawas bertugas mengawasi 20 peserta ujian. Walaupun diawasi secara online, namun dilaksanakan pengawasan secara ketat.

Suasana pengawas di Ruang Kontrol LP2MP

“Walaupun dikerjakan dari rumah masing-masing, namun tetap diadakan kontrol oleh pengawas ujian. Peserta ujian diwajibkan menggunakan aplikasi Zoom dan menyalakan kamera di saat melakukan ujian. Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan kejujuran dalam seleksi peserta calon mahasiswa,” jelas Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA selaku Ketua LP2MP Undip dalam wawancara pada Selasa lalu (15/06/2021).

Pada Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Diponegoro (Undip) memberi kuota penerimaan sebanyak 5.089 mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri untuk 51 program studi Sarjana (S1). 51 program studi tersebut terdiri dari 34 program studi Saintek dan 17 program studi Sosial Humaniora. Untuk pengumuman hasil akhir akan dilaksanakan pada tanggal 07 Juli 2021. (Dhany-Humas)