Pada Bulan Mei lalu, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Undip di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Departemen Oseanografi, Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir (CoREM) dan Pusat Kajian Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu (Center for ICZM). Kegiatan berupa pelatihan penggunaan teknologi Global Position System (GPS) untuk penentuan Fishing Ground atau daerah penangkapan ikan, khususnya rajungan. Materi pelatihan diberikan oleh Dr.Sc. Anindya Wirasatriya, ST., M.Sc dari departemen Oseanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang sekaligus merupakan tim peneliti CoREM dan Dr. Aris Ismanto, S.Si, M.Si selaku tim peneliti dari Center for ICZM. Pelatihan ini diberikan kepada masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUB) Jasa Laut dan KUB Sido Makmur Jepara, Jawa Tengah.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi tatap muka dari pihak Undip mengenai manfaat dan cara mengoperasikan GPS. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penularan wabah Covid-19. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan terjadi diskusi yang cukup intensif. Setelah kegiatan sosialisasi tersebut, dilakukan tinjauan lapangan bersama yang kemudian diikuti dengan penyerahan modul penggunaan GPS serta dua buah GPS kepada warga pesisir Teluk Awur.

Sebagaimana yang telah diketahui, Kabupaten Jepara memiliki sumber daya laut yang cukup potensial, termasuk diantaranya rajungan. Melalui pelatihan ini, diharapkan kedepannya masyarakat khususnya nelayan dapat lebih mandiri dan mampu mengoptimalkan hasil tangkapan demi meningkatkan kesejahteraan mereka.

Doc: Penyerahan Global Position System (GPS) kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Jasa Laut dan KUB Sido Makmu